5 Wejangan menarik soal pernikahan

Hii YOTers!

Mau sharing nih tentang cerita gue menjelang dan setelah menikah. Alhamdulillah puji Syukur kehadirat Allah SWT dimana pada tanggal 7 Desember 2020 kemarin gue melepas masa lajang dan sah menjadi seorang suami dari istri gue dan perjalanan ini baru saja dimulai.

Sebagai anak baru diurusan pernikahan dan membangun sebuah keluarga sudah pasti gak banyak yang gue tau tentang pernikahan, menjadi seorang suami dan menjadi sebuah keluarga. Maka dari itu menjelang moment gue menikah , keluarga gue dan teman – teman gue yang memiliki pengalaman prihal keluarga semua memberikan wejangan, dan berikut wejangan – wejangan yang gue terima dan membuat gue tertarik :

  1. Menikah itu seru tapi gak mudah

Wejangan pertama ini, kalau kata abang sepupu gue menikah itu seru banget gimana gak seru karena selama perjalanan banyak banget kejutannya, banyak banget ekspektasi sebelum menikah tidak sesuai dengan realitanya saat sudah berjalan. Yang ekspektasi awalnya 1 sampai 2 tahun sudah bisa mengerti pasangan dan cocok sama pasangan ternyata baru cocok dan mengerti pasangan di usia pernikahan 10 tahun. Bayangin coba serunya nerima banyak kejutan itu dan tentu tidak mudah ngejalaninnya. Ada berantemnya, repotnya ngurus anak, paham 1 dengan yang lain. Tapi disaat kita udah ambil keputusan untuk menikah berarti kita berani untuk ngejalanin segala bentuk ombak yang ada di rumah tangga. Yang berarti dibenak gue, kalau gue sekarang berekspektasi dan merasa sudah mengerti tentang pasangan gue berarti akan tetap ada kejutan lainnya nih, pusing tapi penasaran.

  1. Anggaplah dirimu kaya raya untuk keluarga mu sendiri

Wejangan kedua ini, arti kata kaya disini yaitu lebih kerasa bersyukur. Kenapa ? karena menurut uwak gue, kita tuh harus merasa kaya karena dengan apa yang kita punya Sekarang yaitu adalah kekayaan kita. Dimana kita harus selalu merasa cukup , Bahasa kasarnya kalau lagi ada ya makan kalau lagi gak ada ya tahan. Terus harus selalu melihat kebawah karena dibawah kita masih banyak yang jauh lebih tidak beruntung dari kita, yang berarti jatuhnya kita lebih kaya daripada yang dibawah kita. Maka dari itu gue diminta untuk lebih bersyukur dengan apa yang dipunya, gak usah menghiraukan milik orang lain.

  1. Sabar dan kompromi adalah koenji

Berikutnya sabar dan kompromi, ini yang paling penting kalau kata nyokap, uwak dan teman – teman gue yang udah banyak berkeluarga. Karena katanya cinta itu bullshit karena kalau tidak banyak sabar dan gak bisa kompromi kita gak akan pernah bisa mengerti pasangan satu sama lain. Tanpa disadari manusia itu pasti selalu berubah dari tahun ke tahun maka dari itu wejangan ini yang paling masuk akal untuk selalu diingat.

  1. Ikhlas karena Allah SWT insyaallah surga

Wejangan ke empat ini lebih ke agamis nih, dimana gue selalu ditanya saat awal memutuskan untuk menikah, karena apa lu mau menikah? Kalau karena ingin ibadah gue diharuskan dan dititipkan amanah untuk bisa bombing istri, dimana harus bisa ikhlas dalam menjalankan seluruh fungsi didalam rumah tangga bahkan dalam mencintai dan menyayangi pasangan harus karena Allah SWT agar diberikan keridhoan dan berokah dari Allah SWT  dan mendapatkan janji masuk kedalam surganya.

  1. Orang tua dan istri/suami bukan lah pilihan

Wejangan terakhir , ini dari abang sepupu dan uwak gue karena mereka tau nanti istri gue akan tinggal bareng gue dan nyokap. Pertama mereka bilang “menantu wanita & mertua wanita itu tidak akan pernah cocok” jadi mereka bilang itu tugas gue untuk bisa menjadi pihak yang ada ditengah untuk menyambungkan komunikasi diantara keduanya, gue diminta untuk ngebimbing istri bahkan mengingatkan nyokap jangan sampai ada kata – kata pilih istri atau ibu. Karena itu bukan pilihan dan harus dirangkul keduanya, ridho laki tetap pada ibu dan ridho istri ada pada suami. Dengan kata lain kita tetap harus hormat dengan ibu dan istri minimal juga harus tetap hormat dengan ibu dari suaminya.

 

Demikian wejangan – wejangan yang gue dapet sebelum dan setelah menikah, gue share disini bukan berarti gue udah sukses, gue masih baru belom juga sebulan. Semoga sharing gue ini dapat bermanfaat juga bagi banyak orang dan khususnya untuk keluarga kecil gue.

Sekian bila ada salah – salah kata mohon dimaafkan dan jika ada masukan silahkan tulis dikolom komentar ya YOTers.

 

Saya Akmal Human Capital Staff Young On Top and See You On Top

#KataHCkita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *