Tips Persiapan Menjelang dan Setelah Lulus Kuliah

Bayu Janitra: Tips Persiapan Menjelang dan Setelah Lulus Kuliah

Menjelang kuliah, tentunya banyak hal yang harus kita persiapkan. Karena, hal ini merupakan bagian dari persiapan kita menuju dunia profesional. Nah, apa aja ya hal-hal yang harus kita persiapkan menjelang dan setelah lulus kuliah? Yuk simak tipsnya dari Bayu Janitra, CEO TopKarir Indonesia.

 

Hi YOTers!

Apa kabarnya? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan bersemangat.

Kali ini saya coba rangkum beberapa tips yang harus kalian siapkan menjelang dan setelah lulus kuliah. Tips yang saya berikan ini adalah kombinasi dari pengalaman pribadi saya selama 15 tahun menjadi profesional dan sekarang menjadi wirausahawan.

Menjelang Lulus:

Ini adalah masa penantian yang bisa menjadi ‘sia-sia’, dimana banyak mahasiswa/mahasiswi malah tidak produktif di masa ini karena dianggap sebagai masa rehat sebelum masuk ke dunia kerja. Pada dasarnya tidak salah sih terkait masa rehat (liburan) itu. Karena, kalian pantas untuk juga mendapatkan sedikit libur setelah berjuang mempersiapkan skripsi dan sidang skripsi. Tapi, jangan sampai sia-sia ya. Nah ini tipsnya:

  1. Mulai membuat CV/Resume yang baik dan akurat. Cari referensi di luaran dan banyak diskusi sama keluarga/relasi/pusat karir di kampus untuk hal ini.
  2. Mencari industri yang diinginkan untuk dilamar sebagai perusahaan pertama kalian. Nah, hal ini sedikit tricky karena kalian harus benar-benar lakukan penelitian yang mendalam tentang industri dan perusahaannya.
  3. Mulai membuat rencana cadangan jikalau 3 bulan setelah lulus belum mendapatkan pekerjaan. Saya sarankan jangan berhenti untuk mencari dan pakai tiket khusus yaitu dengan coba ikut program magang.
  4. Gunakan waktu kalian dengan produktif. Cari ilmu yang kalian ingin pelajari tapi masih tertunda.

 

Setelah Lulus:

  1. Segera daftarkan diri kalian di Career portal/job portal yang cocok dengan kalian. Salah satunya topkarir.com yang segmentasinya sangat cocok untuk kalian (fresh graduate).
  2. Mulai melamar segera ke industri dan perusahaan yang kalian inginkan atau paling tidak cocok dengan latar belakang dan passion.
  3. Persiapkan diri kalian untuk interview ketika mendapatkan panggilan dari perusahaan. Termasuk merencanakan untuk keberangkatan ke tempat interview dan juga jangan lupa siapkan outfit yang representatif!
  4. Buat target dan timeline personal kalian yang logis apabila sampai dengan batas waktu yang kalian tetapkan (misalnya 3 bulan) tersebut belum dapat pekerjaan. Harus segera banting setir untuk mencoba magang. Ya, magang! Magang ini akan jadi gerbang kesempatan baru untuk kalian.
  5. Banyak berdoa dan minta restu dari orang tua kalian. Percayalah kekuatan doa dari orang tua kalian.

 

Jadi itu saja beberapa tips yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat untuk kalian ya. Salam sukses!

 

Bayu J Wirjoatmodjo – CEO TopKarir Indonesia

IG: @bayu_janitra

 

Nah, itu dia tips menjelang dan setelah lulus kuliah dari Bayu Janitra. Buat kamu yang mau nanya berbagai hal seputar dunia kuliah maupun karir lebih banyak lagi ke Bayu Janitra, kamu bisa gunakan fitur Ask Mentor di SocialConnext. Kamu bisa nanya sebanyak-banyaknya dan GRATIS! Yuk sebarin info keren ini ke temen-temen kalian!

4+

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *