Mau Membuat Karya Tulis yang Keren? Yuk Ikuti Tips Ini!

Hai YOTers! Saat masih duduk dibangku sekolah, pasti kita seringkan membuat karya tulis? Khususnya pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Nah, sebelum kita bahas tips membuat karya tulis yang keren, kita bahas dulu yuk pengertian karya tulis itu sendiri.

Karya tulis adalah sebuah hasil karangan dalam bentuk tulisan. Secara bahasa karya tulis disusun dari dua kata yang berbeda yaitu karya dan tulis. Kata karya dalam KBBI memiliki arti pekerjaan, buatan, ciptaan dan hasil perbuatan (terutama untuk hasil karangan). Sedangkan tulis berarti sebuah huruf atau angka yang dibuat dengan pena atau alat tulis lainnya.

Lalu, gimana sih cara membuat karya tulis yang keren?

  1. Pemilihan Tema

Tema jadi penting banget nih dalam sebuah karya tulis. Dengan menentukan tema, karya tulis kamu jadi bisa lebih terarah. Trus, tema apa sih yang paling baik? Gimana cara menemukannya? Sebaik-baiknya karya tulis adalah yang bermanfaat untuk pembacanya. Kamu bisa memilih tema yang berangkat dari permasalahan yang ada di masyarakat dan sekitar kamu.

  1. Membuat Kerangka Penulisan

Setelah menentukan tema, step selanjutnya adalah membuat kerangka penulisan. Kerangka penulisan adalah susunan rencana atau skema kerja yang memuat garis-garis besar dari karya tulis kita. Dengan kerangka penulisan, kita akan lebih mudah menjabarkan hal-hal yang mau kita masukkan ke dalam karya tulis kita.

  1. Menulis Dulu, Edit Belakangan

Permasalahan terbesar dari menulis adalah gak percaya dengan tulisan sendiri. Baru nulis satu paragraf udah diedit. Akhirnya tulisan kita gak selesai-selesai. Jadi nulis aja dulu ya, ketika karya tulis kita selesai, baru deh kamu boleh edit.

Nah, sekarang kamu udah taukan cara membuat karya tulis yang keren? Sekarang saatnya nih buat kamu tunjukkan kemampuanmu dengan ikutan Anugerah Pewarta Astra 2020! Tuliskan kisah inspiratif dari para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards atau penggerak Kampung Berseri Astra dari seluruh Indonesia.

Segera daftarkan karya tulis terbaikmu di www.satu-indonesia.com dan raih kesempatan mendapatkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah! Periode lomba ini sampai dengan 31 Desember 2020.

Ayo saatnya buktikan karya tulismu adalah yang terbaik! Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di www.satu-indonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *