Tips Buat Kamu Menjalani Passion dan Purpose Secara Beriringan

Halo YOT-ers!

Kalo bicara tentang ‘passion’ dan ‘purpose’, kami yakin bahwa kedua istilah itu sudah gak asing lagi YOTers dengar. Rasanya seringkali kedua istilah itu disebut-sebut dan terlempar dari artikel-artikel hingga konten media sosial. Mungkin begitu sering kita dengar, tetapi apakah kita benar-benar memahami makna kedua kata tersebut. Karena begitu seringnya orang bicara passion dan purpose, kita mungkin tidak menyadari betapa besarnya esensi dari kedua kata tersebut, dan betapa besar dampaknya terhadap kehidupan kita, secara pribadi maupun professional

 

Passion dan purpose adalah dua topik yang dalam dan menarik untuk dibahas. Dalam obrolan bersama Mas Danang Wedhasmara, Assistant Vice President Retail Payment Division Bank BRI, kita mendapatkan cukup banyak perspektif tentang perbedaan kedua istilah itu, serta bagaimana menyatupadukan keduanya.

 

“Purpose itu tujuan hidup, yakni kita hidup itu buat apa sih? Mungkin tak perlu detail atau spesifik, tetapi yang penting jelas dulu. Nah, nantinya apakah selama perjalanan menuju purpose itu apakah bisa diiringi dengan passion yang kita temukan sambil berjalan

 

Mas Danang memberikan penekanan bahwa kata kuncinya adalah ‘sambil berjalan.’ Menurut Mas Danang, passion itu sebuah upaya pencarian seumur hidup. Mungkin kita bisa berkata passion kita ini atau itu. Tetapi, kita tidak bisa menutup kemungkinan bahwa nantinya akan menemukan passion-passion yang baru.

 

Dari penjelasan Mas Danang tentang perbedaan passion dan purpose, yang tampak jelas adalah bahwa walaupun berbeda, pada esensinya kedua hal tersebut sebaiknya berjalan beriringan dalam menjalani karir. Namun, Mas Danang mengingatkan bahwa jangan dianggap sebagai tekanan untuk mempertemukan passion dengan purpose kita.

 

“Kita tidak tahu kapan bisa bertemunya (passion dan purpose). Tugas kita adalah untuk menentukan dulu tujuannya, setiap hari kita berproses menuju tujuan itu, kita nikmati prosesnya. Nanti akan ada momen dimana teman-teman akan merasa capek tapi bahagia mengerjakannya. Saat itu terjadi, bisa jadi itu sebenarnya passion kamu.” Kata Mas Danang.

 

Untuk bisa mencapai titik temu tersebut, tips pertama yang diberikan oleh Mas Danang adalah be open minded. Maksud open minded disini adalah dalam menjalani pekerjaan kita, kita harus terbuka terhadap kemungkinan aktivitas apapun bisa jadi adalah passion kita. Mungkin saja passion kita ternyata pada aktivitas yang sebelumnya kita tidak pernah kira kita akan menikmati.

 

Tips kedua yang diberikan Mas Danang adalah untuk memperbanyak bertemu dengan orang-orang yang hebat. Zaman sekarang sudah banyak sekali caranya, seperti melalui webinar, atau konferensi, atau dari komunitas-komunitas. Penting buat kita memandang orang-orang yang memiliki purpose yang sama, sehingga kita bisa belajar dan mengambil referensi dari pengalaman mereka.

 

“Kalau masih bingung, coba kamu mulai dari melihat tokoh-tokoh idola kamu. Dari mereka teman-teman bisa pelajari biografi mereka dan mengapa mereka bisa berkontribusi sebesar itu. Pasti sebelumnya ada perjuangan yang mereka lalui.” Kata Mas Danang.

 

Tips ketiga yang dipesankan dari Mas Danang kepada kita anak muda adalah untuk mulai dari hal-hal yang sederhana. Menurut Mas Danang, gak masalah kalau kamu menentukan purpose dari hal-hal yang sederhana, karena dengan berjalannya waktu pasti purpose kita akan mengalami perkembangan dan pendewasaan.

 

“Mungkin waktu kecil kita sudah punya mimpi, dan dengan berjalannya waktu, semakin lama impian kamu semakin mengkristal mewujud menjadi purpose. Ini sebuah wujud bahwa purpose itu bisa berubah. Tetapi, perubahan itu hanyalah sebuah pengkristalan, yakni menjadi semakin jelas.” Kata Mas Danang. Dengan semakin dewasa pribadi kita, purpose kita pun akan semakin dewasa.

 

Terakhir, Mas Danang juga sempat mengingatkan bahwa salah satu hal yang akan membantu kamu dalam perjalanan kamu menuju purpose dan menemukan passion. Agar kamu senantiasa lebih banyak waktu untuk fokus menjalani passion kamu, kamu juga perlu menjaga financial management kamu. Sebagai anak muda, kamu bisa banget mulai menggunakan BRImo, untuk segala kebutuhan keuangan kamu. Berbagai layanan dan fitur akan mempermudah kamu mengatur keuangan kamu, akan mempermudah kamu dalam perjalanan kamu berkarir dan mengejar passionate purpose kamu! Langsung aja download aplikasi BRImo di PlayStore dan AppStore.

 

Yang pasti sebelum menikmati fitur-fitur ini, kamu harus membuka rekening di BRI. Tetapi, tidak perlu ribet karena kamu bisa membuat rekening BRI langsung dari aplikasi BRImo. Nyaman dan gampang banget, kan?

 

Nah, semoga dari obrolan kita dengan Mas Danang, kamu semakin semangat lagi menjalani dan mengejar tujuan hidup kamu. Semangat terus mengejar passion dan purpose, YOTers!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *