Mengenal Mental Block dan Cara Mengatasinya!

Pernahkah kamu kehilangan ide saat mengerjakan sesuatu? Keadaan tersebut dikenal dengan istilah mental block. Mental block atau kelelahan mental adalah kondisi dimana kamu gak mampu berkonsentrasi. Mental block bisa dialami oleh siapa saja, entah mahasiswa, karyawan, bahkan entrepreneur sekalipun.

 

Kalo mental block ini dibiarkan terus menerus, bisa mengganggu produktivitas dan kreativitas kamu lho. Terus, gimana sih solusinya?

 

  • Kerjakan tugas yang lebih mudah terlebih dahulu

 

Saat kita lagi terkena mental block tapi deadline tetap harus jalan, salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah mengurutkan tugasmu dulu dari yang mudah hingga sulit. Setelah itu, mulailah dengan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu untuk menghindari stuck dipekerjaan.

 

  •  Tenangkan diri dan pikiran

Ketika mengalami kelelahan mental, jangan pernah memaksakan kondisi kamu ya YOTers. Tenangkanlah diri dan pikiran kamu.

 

  • Cari suasana baru

Mencari suasana baru bisa jadi solusi yang jitu. Ketika kamu terkena mental block dan ada di ruangan yang itu-itu aja, kamu akan semakin jenuh YOTers. Cobalah mengeksplor setiap sudut rumah kamu. Kalo biasanya kamu melakukan pekerjaan di ruang kerja, cobalah di teras atau ruang tamu. Kamu juga bisa mendekor ulang ruang kerja kamu dengan tanaman supaya pandangan mata lebih fresh.

 

  • Berdiskusi dengan teman

 

Mengobrol atau berdiskusi bisa merefresh pikiran kamu. Kamu bisa sharing dengan teman kamu untuk menggali ide-ide menarik saat terkena mental block.

 

  • Rehat sejenak

Solusi berikutnya adalah dengan beristirahat. Mental block itu wajar terjadi, jadi tidak perlu dipusingkan atau dipaksakan. Ambil sedikit waktu untuk rehat sejenak. Dengan begitu kondisi fisik dan mental kamu akan prima kembali. Semangat YOTers.

 

 

Nah itu dia YOTers, tips untuk mengatasi mental block. Semoga berguna ya. Buat kamu yang suka nulis atau fotografi, jangan lupa juga  mengikuti Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2020 dengan tema ”Semangat Majukan Indonesia”.

Melalui lomba foto astra, kamu berkontribusi mengabadikan momen inspiratif  tentang Semangat Majukan Indonesia yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam mendukung kemajuan bangsa.

Sedangkan dengan mengikuti Anugerah Pewarta Astra 2020, kamu bisa menebar inspirasi dari para penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards atau para penggerak Kampung Berseri Astra yang tersebar di seluruh Indonesia melalui karya tulis.

Yuk YOTers segera daftarkan diri kamu sekarang di https://lombafotoastra.satu-indonesia.com/lfa-apa-2020/ Periode lomba dibuka hingga 31 Desember 2020. Untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya dapat dilihat di www.satu-indonesia.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *