Basic Fotografi yang Harus Kamu Tahu

Hai YOTers! Siapa yang mau cari fotografer atau tertarik di dunia fotografi? Sama seperti bidang lainnya, bidang fotografi punya teknik atau dasar-dasar yang harus kamu tahu lho. Dilansir dari eHow, berikut ini dasar-dasar fotografi yang wajib kamu pahami:

  1. Komposisi
    Komposisi adalah pengaturan objek yang akan diambil gambarnya. Ada sebuah aturan bernama the rule of thirdsyang membuat kamu harus membayangkan bingkai persegi panjang menjadi sembilan bagian yang berukuran sama. Kamu membutuhkan garis-garis vertikal dan horizontal bayangan kemudian mencoba untuk menyelaraskan objek utama agar komposisi tampak seimbang dan estetis.
  2. Tekstur
    Tekstur merupakan kebutuhan sebuah foto yang membutuhkan kecermatan oleh si pengambil foto. Tekstur melibatkan foto berupa kompleksitas permukaan sepotong kayu atau kainbermotif yang seolah bisa disentuh setelah gambar diambil.
  3. Kedalaman
    Kedalaman adalah penciptaan rasa tiga dimensi dalam sebuah foto. Kedalaman ini bisa diciptakan dengan mengatur fokus, pembingkaian dan sudut pandang. Fokus melibatkan banyak zoom pada beberapa objek tertentu, sehingga ia akan tampak begitu bening sementara sekelilingnya buram. Sementara pembingkaian melibatkan identifikasi objek yang tampak dekat, meskipun sebenarnya jauh.
  4. Garis
    Di dalam sebuah foto, garis membimbing matafotografer untuk memperhatikan sekitar objek, sehingga menghasilkan foto yang menarik. Misalnya, garis yang tidak sama bisa dianggap sebagai penyampaian suasana hati yang berbeda. Garis horizontal berarti stabilitas, vertikal adalah kekuasaan, kekuatan, dan pertumbuhan, sementara diagonal menyampaikan tindakan dan dinamisme.
  5. Cahaya
    Cahaya adalah salah satu dasar yang harus benar-benar kamu pahami jika ingin memotret. Sebab fotografer harus tahu berapa banyaknya cahaya dan arah cahaya yang bisa mempengaruhi hasil foto. Arah datangnya cahaya merupakan esensi penting yang mengacu pada lokasi dan sumber asli cahaya untuk menentukan distribusi bayangan pada foto.
  6. Pola dan bentuk
    Ada tiga jenis aspek yang mendukung pola dan bentuk, yaitu, ritme, simetri, dan segitiga. Ritme adalah bentuk foto yang diulang, kemudian simetri merupakan foto yang diambil dari dua sisi yang berbeda, sementara segitiga terbentuk dalam sebuah foto oleh sebuah garis diagonal. Adanya pola dan bentuk akan membuat foto tampak lebih menarik.
  7. Titik Pandang
    Dasar memotret terakhir adalah titik pandang posisi foto diambil. Titik pandang yang berbeda antara fotografer dapat menghasilkan foto dan persepsi yang berbeda. Hasil foto dari titik pandang rendah berarti dominasi, kekuatan, dan otoritas. Sebaliknya, titik pandang tinggi menyampaikan kerentanan dan kelemahan.

 

Nah, kalo kamu udah tau dasar-dasar dalam fotografi, ini saatnya kamu tunjukkan kemampuanmu di ajang Lomba Foto Astra dan Anugerah Pewarta Astra 2020 dengan tema “Semangat Majukan Indonesia”

 

 

Abadikan momen terbaik gelora anak negeri dalam semangat majukan Indonesia dan tuliskan kisah inspiratif dari para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards atau penggerak Kampung Berseri Astra dari seluruh Indonesia.

Segera daftarkan foto terbaikmu di www.satu-indonesia.com dan raih kesempatan mendapatkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah! Periode lomba ini sampai dengan 31 Desember 2020.

Ayo saatnya buktikan karya fotomu adalah yang terbaik!

Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di www.satu-indonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *