Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Bekerja atau Belajar dari Rumah

tips menjaga kesehatan mata selama bekerja atau belajar dari rumah

Tidak terasa sudah hampir setahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Kemunculan pandemi ini memaksa beberapa perusahaan ataupun institusi pendidikan menerapkan sistem bekerja dari rumah, WFH (Work From Home) atau belajar dari rumah, SFH (School From Home).

Salah satu hal terpenting yang harus diingat selama kegiatan WFH atau SFH adalah untuk terus menjaga kesehatan. Meskipun kemungkinan tertular Covid-19 berkurang, resiko YOTers mengalami gangguan penglihatan semakin meningkat. Dr Alex Ng Lap Ki, spesialis oftamologi di klinik kesehatan mata di Central dan Kowloon mengatakan gangguan seperti mata kering, mata merah, dan lain sebagainya sering timbul akibat terlalu lama melihat layar elektronik.

Bagaimana mencegahnya? Simak beberapa tips di bawah ini!

1. Mengistirahatkan Mata

Mengistirahatkan mata di sini bukan berarti tidur loh. Tahukah, YOTers, melihat objek yang berjarak 6 meter juga dapat mengistirahatkan mata. Tidak perlu lama-lama, sebagai contoh, setiap YOTers memandang layar selama 20 menit, pastikan untuk memandang objek yang berjarak 6 meter selama 20 detik.

Kontraksi pada otot mata terjadi ketika sedang melihat layar handphone ataupun laptop, namun dengan melihat objek yang jauh dapat memberikan relaksasi kepada mata. Oleh karena itu, jangan lupa untuk diterapkan!

2. Berkedip

Kita bisa lupa berkedip ketika sedang serius mendengarkan dan melihat penjelasan yang sedang diberikan. Hal ini dapat membuat mata mengering. Oleh karena itu, pastikan untuk menambah intentsitas berkedip saat sedang memperhatikan layar, karena, berkedip dapat membantu untuk menambah lapisan air mata yang baru, dan tentu saja mengurangi resiko mata kering.

3. Pemakaian Lensa Kontak

Terlalu lama menggunakan lensa kontak juga dapat memperburuk penglihatan. Oleh karena itu, pastikan YOTers tidak menggunakan lensa kontak selama bekerja atau belajar dari rumah.

4. Mengonsumsi Wortel

Memakan wortel untuk kesehatan mata bukan sekedar mitos! Kandungan-kandungan yang ada di dalam wortel seperti beta karoten dan vitamin A dengan komponen protein bernama rhodopsin dapat membantu retina pada mata untuk penyerapan cahaya.

5. Pencahayaan

Mungkin beberapa dari YOTers senang bekerja dalam keadaan yang gelap, terutama bagi YOTers yang berprofesi sebagai desain grafis dan video editor. Kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan mata karena menyebabkan ketegangan pada mata dan membuat mata jadi cepat lelah. Oleh karena itu, pastikan pencahayaan untuk tempat YOTers bekerja cukup nyaman untuk mata, dan pastikan YOTers tidak memforsir ketika mata sudah lelah.

Kesehatan mata merupakan salah satu hal terpenting yang harus dijaga selama masa bekerja atau belajar dari rumah. Jangan sampai, kesehatan mata menjadi terganggu karena keseringan menatap layar laptop ataupun handphone!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *