Tips untuk Memilih Jurusan Kuliah!

tips untuk memilih jurusan kuliah

Tidak terasa, YOTers yang saat ini menempuh tahun terakhir di SMA atau SMK bersiap-siap untuk menentukan dan memantapkan pilihan jurusan di bangku kuliah nanti.

Banyak jurusan yang seru dan tentunya akan memberikan YOTers banyak ilmu baru yang bisa diterapkan setelah lulus dari kuliah. Namun, masih banyak yang sulit untuk menentukan jurusan yang akan dipilih.

Memilih jurusan untuk kuliah bukanlah hal yang mudah loh, YOTers. Apabila jurusan yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi, pastinya akan mengganggu kegiatan belajar selama kuliah nanti. Oleh karena itu, pastikan YOTers memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memilih jurusan kuliah.

1. Konsultasi

Kamu bisa mencoba konsultasi dengan orang tua, guru-guru di sekolah, alumni, atau mungkin konsultan pendidikan. Minta masukan dan saran dari mereka agar kamu dapat menentukan pilihan jurusan kuliah nantinya.

2. Lakukan Riset

Agar bisa membuat keputusan yang lebih jelas, Kamu bisa melakukan riset sendiri. Coba lakukan beberapa riset, seperti apa yang akan dipelajari dalam jurusan tersebut, prospek lulusannya, dan lain sebagainya. Semakin banyak jawaban yang kamu temukan, tentu saja akan semakin jelas gambaran dan pilihan jurusan yang akan kamu pilih!

3. Sesuaikan dengan Hobi

Jika masih bingung, menyesuaikan pilihan jurusan dengan hobi merupakan salah satu cara yang dapat kamu gunakan. Contohnya, apabila kamu memiliki hobi menggambar, kamu dapat memilih jurusan desain grafis. Atau, apabila kamu sangat senang mengajar, memilih jurusan pendidikan merupakan pilihan yang tepat.

4. Mengikuti Tes Minat Bakat

Meskipun tidak 100% efektif, ada banyak siswa dan siswi terbantu dengan tes minat dan bakat ini. Sesuai dengan namanya, tujuan tes minat dan bakat ini adalah untuk membantu siswa dan siswi mengetahui potensi minat dan bakat yang ada di dalam dirinya dan mempermudah dalam pemilihan jurusan kuliah nanti.

5. Jangan Ikut-Ikutan Teman

Salah satu hal yang mungkin terdengar sepele, namun dampaknya sangat besar. Pastikan kamu memilih jurusan sesuai dengan keputusan diri sendiri, jangan ikut-ikutan teman, pacar, dan lainnya. Karena, pada akhirnya yang akan menempuh pendidikan, merasakan suka duka nya, dan yang akan berjuang adalah kamu sendiri.

Sekian 5 tips yang dapat YOTers terapkan saat memilih jurusan di bangku kuliah nanti. Jika YOTers memiliki tips-tips lain yang dapat diterapkan, tulis di kolom komentar ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *