Meningkatkan Produktivitas Kerja Selama WFH? Begini Caranya!

meningkatkan produktivitas kerja selama wfh begini caranya

Bekerja dari rumah atau WFH (Work From Home) Mengharuskan beberapa dari kita yang sebelumnya terbiasa bekerja di kantor beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru, seperti bangun tidur langsung menghadap layar laptop, makan siang yang sebelumnya bersama teman-teman kantor sekarang harus sendirian di rumah, bahkan ada beberapa yang pekerjaannya terganggu karena tergoda untuk tidur seharian di kasur. Mau tidak mau, kita harus beradaptasi dengan cepat agar tanggung jawab kita ke kantor tidak berantakan.

Baca Juga: Udah Tahu Gak, Bedanya Bekerja dengan Berkarya?

Salah satu keluhan yang sering muncul adalah berkurangnya produktivitas selama WFH. Berkurangnya produktivitas kerja dapat membawa pengaruh yang buruk untuk rekan kerja lainnya, juga perusahaan. Bagaimana sih cara meningkatkan produktivitas kerja selama WFH? Simak penjelasan berikut!

1. Tidur Tepat Waktu dan Bangun Pagi Seperti Biasa

Hal pertama dan mungkin yang terpenting. Dengan tidur tepat waktu, tubuh bisa mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalankan rutinitas di pagi hari. Jangan menjadikan WFH sebagai alasan untuk bergadang, percayalah YOTers, lebih berat melawan rasa kantuk di rumah dibandingkan di kantor.

Pastikan juga YOTers bangun pagi.Bangun pagi membuat otak lebih segar dalam memikirkan ide-ide baru yang dapat diterapkan di tempat kerja. Selain itu, dengan bangun pagi, YOTers juga punya lebih banyak waktu untuk menyusun jadwal kerjaan yang akan dikerjakan di hari itu.

2. Pilih Lokasi yang Nyaman

Pemilihan lokasi untuk WFH juga dapat meningkatkan produktivitas selama bekerja loh YOTers. Usahakan YOTers mencari tempat yang nyaman dan dapat membuat fokus selama bekerja. Usahakan jangan bekerja di tempat tidur, mengapa? Di tempat tidur banyak gangguan-gangguan yang dapat mengurangi tingkat fokus YOTers selama bekerja, seperti bermalas-malasan dan berleye-leyeh di tempat tidur, bukannya selesai kerjaan yang tadinya bisa selesai dalam sehari malah akan menumpuk.

3. Menyiapkan Barang-Barang yang Dibutuhkan

Pastikan YOTers menyiapkan barang-barang seperti air minum, charger ponsel dan laptop, atau barang lain yang YOTers butuhkan selama bekerja di meja YOTers agar YOTers tidak perlu bulak-balik lagi selama jam bekerja.

4. Menyiapkan Waktu Beristirahat

Waktu beristirahat juga perlu dipersiapkan. Tahukah YOTers, bahwa beristirahat selama 10-20 menit di sela-sela bekerja dapat membantu meningkatkan fokus pada jam-jam berikutnya. Contohnya, dalam 2 jam pertama YOTers fokus bekerja, pastikan setelah itu mengambil waktu untuk beristirahat selama 10-20 menit, bisa untuk menghirup udara segar, melakukan peregangan, atau bahkan memakan cemilan yang ada di dalam rumah. Tapi, perlu diingat nih YOTers, jangan sampai kebablasan waktu istirahatnya.

5. Hindari Gangguan Notifikasi

Salah satu gangguan yang paling berpengaruh terhadap tingkat produktivitas adalah notifikasi dari media sosial. Notifikasi dari media sosial Facebook, TikTok, Twitter, Instagram, dan lainnya dapat mengganggu produktivitas bekerja. Dari yang awalnya berniat hanya mengecek beberapa menit saja, akhirnya jadi keasikan scroll media sosial sampai ber jam-jam. Tentunya akan sangat mengganggu produktivitas YOTers saat WFH Bukan?

6. Membuat Jadwal Bekerja

Tujuan dari membuat jadwal bekerja atau To Do List adalah agar selama WFH, YOTers benar-benar mengetahui apa yang harus dikerjakan di hari itu sehingga tidak ada pekerjaan yang terlupakan. Yang tepenting lagi, pastikan untuk menyusun skala prioritas, tentukan mana pekerjaan yang memiliki prioritas yang tinggi dan pekerjaan yang memiliki skala prioritas yang tidak begitu tinggi.

Sekian tips-tips untuk meningkatkan produktivitas selama WFH. Perlu diingat nih, bekerja di rumah bukan berarti liburan ya, YOTers. Tanggung jawab terhadap perusahaan juga perlu dijalankan.

Apakah YOTers mempunyai tips lain untuk meningkatkan produktifitas selama WFH? Yuk berbagi di kolom komentar!

Baca Juga: Memaknai Ulang Work Hard dan Work Smart

Ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi untuk karir YOTers? Kunjungi kolom artikel bagian karir di sini!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *