Mindset Mengeluh

Tak jarang orang akan mengeluh baik itu karena pekerjaan, tugas sekolah. keadaan, dan banyak lagi. Seakan mengeluh adalah sebuah pola pikir, itu artinya jika dibiasakan akan menjadi sebuah habit. Kebiasaan ini jika diteruskan akan membuat kita mudah terbawa oleh energi negatif.

Apa yang membuat kita mengeluh itu tak jauh-jauh dari ada sesuatu yang mengusik kenyamanan kita, jika memang ada maka coba ubahlah semampu kita. Jika tidak bisa maka coba cara lain yang positif seperti mengubah cara kita bereaksi cara terhadap situasi tersebut.

Secara tak sadar mengeluh itu adalah bukti respon otak kita untuk mengubah keadaan. Sesuatu yang kita keluhkan harusnya membawa kepada peruahan. Di samping itu mengeluh juga memicu setres karena energi negatifnya, hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah studi dari Standford yang mengatakan setress berdampak pada kecedrasan dan penyelesaian masalah.

Lantas bagimana cara kita untukk menghindari mengeluh yang  berkepanjangan?

  1. Fokus pada hal yang bisa kita kendalikan. Mindset ini akan membantu kita fokus pada perilaku, metode, dan hasil yang ada pada diri kita.
  2. Bersyukur. Untuk yang di luar kendali cobalah untuk mensyukurinya, harus kita sadari bahwa gak semua hal bisa kita kendalikan, artinya kita hanya bisa menyikapinya dengan mensyukurinya atas hal yang kita miliki, sehat dll.

Ada beberapa orang yang mungkin mengeluh agar didengarkan, maka cari teman untuk mendengarmu tapi paling tidak kamu tau arahkan kemana keluhanmu. Sehingga temanmu bisa membantumu memberikan solusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *