Sedang Merenungkan 2 Pilihan ? Coba cara ini mungkin dapat sedikit membantu

Hii YOTers!

Dalam hidup tak jarang kita berada dalam 2 pilihan bahkan lebih yang dapat menentukan bagaimana dan kemana hidup kita akan berjalan. Entah pilihan tentang karir, pasangan dan/atau Tentunya pilihan – pilihan ini memiliki sisi baik dan buruk untuk dipilih dan dapat juga menentukan bagaimana dan kemana kita setelah memilih pilihan tersebut.
Dalam sebuah pilihan kita harus memastikan tau dan paham apa baiknya, buruknya dan konsekuensi dari sebuah pilihan tersebut. Yang dimana tak jarang membuat kita menjadi sangat sulit untuk memilih antara salah satu dari pilihan yang ada.

Lalu bagaimanakah cara agar kita dapat memilih pilihan yang tepat dan kita sadar betul dapat menerima konsekuensinya? Berikut langkah – langkah dalam memilih sebuah pilihan :

  1. Tenang & tidak terburu²
    Disaat kita berada di 2 pilihan yang hadir sangat diperlukan ketenangan dan tidak boleh terburu – buru dalam memilih. Lalu bagaimana caranya? Kita harus menenangkan diri dan jika perlu menarik diri dulu dari keramaian, kita cari me time kita untuk bisa berfikir tanpa dipengaruhi orang – orang disekitar kita. Disaat sudah menemukannya coba lah berpikir positif, hilangkan pikiran yang dapat mempengaruhi atau memberatkan kita terhadap salah satu pilihan tersebut. Agar kita dapat berada diposisi netral yang tidak memilih A atau B.
  2. Tunda minimal 7 hari
    Tunda 7 hari , ini bisa dipakai untuk pilihan – pilihan yang memang tidak perlu urgent atau tidak perlu segera agar kita bisa mengetahui setelah 7 hari ini apakah kita benar – benar membutuhkan yang mana , pilihan A atau pilihan B.
  3. Buatlah rincian nilai
    Buatlah rincian nilai, point ini sangat lah penting. Kenapa? Karena disaat pikiran kalut untuk memilih salah satu pilihan, jangan biarkan pikiran kalut ini bergulir liar dipikiran saja, sebaiknya jangan sungkan untuk dikeluarkan dalam bentuk tulisan. Berbentuk seperti apa? Ambil kertas dan pulpen, tuangkan lah nilai – nilai positif dan negatif dari masing – masing pilihan dan juga tuliskan konsekuensinya apa jika kita memilih pilihan A atau pilihan B. Contohnya seperti apa? Misal kita sedang dihadapkan pada 2 pilihan calon pasangan, calon pasangan 1 apa saja sih nilai positifnya (tuliskan), apa saja nilai negatifnya (tuliskan) dan apa konsekuensinya jika memilih calon A atau calon B (tuliskan). Dari rincian ini kita dapat melihat pilihan mana yang memiliki dampak positif ataupun negatif untuk kita dan bagaimana konsekuensinya.
  4. Pilih yang bernilai positif & berkonsekuensi yang bisa kita jalani
    Point terakhir ini , lebih dari saran saya selaku penulis. Setelah membuat rincian nilai, lihat dengan baik rinciannya lalu pilihlah pilihan yang memiliki nilai positif yang lebih banyak dan pastikan konsekuensinya dari pilihan ini dapat kita jalani.

Sekian tulisan ini dibuat, semoga dapat membantu teman – teman yang sedang berada disebuah pilihan yang sulit. Dan tulisan ini juga digunakan sebagai pengingat bagi saya agar dapat lebih baik lagi.

Saya Akmal, Human Capital Staff Young On Top

See you on top

#KataHCkita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *