Investasi di Usia Muda?? Why Not??!

Hallo Yoters,

Tau gak sih bahwa kebiasaan hemat dan boros itu bisa terpupuk sejak usia dini loh. Kalau kita dibiasakan dengan pola asuh dan di didik tidak boros atau gemar menabung sejak kecil, maka besar kemungkinan kebiasaan itu akan tertanam sampai kita dewasa juga.

Mungkin banyak dari kalian ada yang sejak kecil sudah rajin menyisihkan uang jajan untuk di masukkan ke dalam celengan ayam atau celengan lucu lainnya. Saat celengan tersebut sudah penuh, lalu tibalah saat yang ditunggu, yaitu membuka atau memecahkan celengan yang selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun kalian isi dengan sebagian uang jajan. Ingat gimana rasanya?? Waah kebayang deh seneengnya bukan main. Uang hasil menabungpun bisa kita gunakan membeli barang yang kita butuhkan dan bermanfaat. Pelajaran dari menabung ini sebenarnya adalah kita diminta bersabar sedikit untuk menyimpan sebagian uang dan tidak membelanjakan uang kita dengan boros, untuk dikemudian hari kita bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih besar. Sehingga kita bisa membeli barang-barang impian kita.

Nah sekarang ini saya melihat kecendrungan anak muda justru lebih memilih menyimpan uangnya dan menginvestasikannya ketimbang menghaburkan uang untuk bersenang-senang. Apalagi dalam situasi pandemic seperti sekarang ini, kita dihimbau untuk stay di dalam rumah jika tidak ada hal yang mendesak untuk keluar rumah. Sehingga uang yang tadinya dialokasikan untuk jalan-jalan atau liburan menjadi utuh. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk berfikir smart, bagaimana caranya dari uang yang kita punya, kita bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus keluar rumah. Salah satunya dengan investasi.

Apa sih Investasi itu ? Investasi adalah proses mengembangkan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Investasi gak melulu harus mempunyai uang jutaan atau bahkan milliaran rupiah kok. Kalian bisa mulai belajar dan mencari jenis investasi apa saja yang aman dan cocok untuk anak muda yang belum mempunyai penghasilan tinggi.

Berikut ada beberapa jenis investasi yang saya rasa cukup aman untuk pemula dan anak muda:

  1. Emas, Investasi emas adalah investasi yang paling aman untuk menjadi pilihan. Karena kita bisa memilih sesuai dengan kemampuan budget yang kita miliki, selain itu jika suatu saat kita membutuhkan uang, emas tersebut bisa kita jual kembali.
  2. Reksadana, investasi ini sekarang sudah tersedia dalam kisaran nominal yang dapat dijangkau kocek anak muda, dan jangka waktu yang tidak terlalu lama membuat reksadana bisa menjadi pilihan yang fleksibel.
  3. Deposito, Investasi ini sudah banyak ditawarkan oleh perbankan. Saat ini dengan uang 1 juta rupiahpun kalian sudah bisa mendepositokan uang kalian dengan jangka waktu 1 bulan hingga 1 tahun. Hasil yang diperoleh sekitar 7-8% dari nilai investasi kalian.
  4. Asuransi, dengan berinvestasi pada asuransi maka banyak manfaat proteksi yang bisa kalian peroleh. Semakin muda kalian mendaftarkan diri pada asuransi, maka otomatis premi yang dibayarkan juga terbilang relatif lebih murah. Jadi ketika kalian butuh perawatan rumah sakit, maka kalian gak perlu membobol tabungan kalian atau membebankan orang tua untuk membayar biaya rumah sakit.
  5. Properti, Nah untuk investasi satu ini memang membutuhkan dana yang lebih besar dari pada investasi lain diatas. Namun investasi properti memang memiliki prospek yang bagus untuk masa depan kalian. Karena harga property selalu naik setiap tahunnya.

Nah gimana Yoters, Sudah mulai berfikir untuk memulai investasi kan? Jangan sampai uang jajan kalian hanya habis untuk jajan dan sekedar bersenang-senang ya….Gak ada salahnya kok jalan-jalan atau bersenang-senang sesekali untuk menghilangkan penat dan sebagai hadiah (reward) kepada diri sendiri. Tapi kalau keseringan bisa-bisa malah kalian sendiri yang rugi.

Selamat memulai investasi yaa…!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *