Berdamai Dengan Ekspektasi

Setiap hari kita pasti berhadapan dengan ekspektasi, baik di lingkungan rumah, kerja dan pertemanan. Seorang psikiatris Amerika, Dr. Gerard May dalam bukunya The Awakened Heart menjelaskan ekspektasi berfokus pada keinginan kita secara pribadi.

Ekspektasi lebih bersifat egosentris. Saat kita berekspektasi, kita akan sulit untuk bisa mempertimbangkan kepentingan-kepentingan orang lain yang mungkin bisa menjadi faktor-faktor ‘penggagal’ untuk bisa mencapai hasil yang diinginkan. Maka dari itu, seringkali ekspektasi justru membawa kekecewaan karena kita seakan mengenakan kacamata kuda.

Hal itulah yang menyebabkan pentingnya kita mengelola ekspektasi dan harus dibiasakan secara perlahan.  Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur ekspektasi agar setidaknya kita tetap utuh saat terjatuh ketika ekspektasi yang dimiliki tidak tercapai. 

  1. Make No Assumptions, jangan berasumsi atas apa yang akan terjadi selanjutnya dengan harapan tapi usahakan memprediksi hasilnya berdasarkan kalkulasi yang jelas.
  2. Adapt to Changing Expectations, mencoba untuk fleksibel terhadap hasil yang akan terjadi. Semakin fleksibel cara berpikir seseorang, maka mengelola ekspektasi adalah hal yang dengan mudah bisa diwujudkan.
  3. Don’t Judge Yourself Harshly, saat kita memiliki banyak ekspektasi terhadap diri sendiri akan jauh lebih sulit untuk menerima jika terjadi kegagalan atau hasil di luar rencana. Berusahalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri tetapi mencari jalan keluar.

Me-manage ekspektasi memang tidak mudah dan butuh kebiasaan untuk melakukannya tapi belajar beradaptasi dengan ekspektasi akan membantu kita untuk mencapai tujuan dalam hidup. Kuncinya adalah menyadari bahwa ekspektasi adalah hal di luar kendali setiap orang. Apapun yang terjadi, bukan situasinya yang harus disalahkan melainkan pola pikir setiap individu yang harus memaklumi dan tetap bisa mengambil sisi positif dari situasi terburuk sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *