Investasi saham, kenapa tidak…

Hi guys, semoga tetap dalam keadaan sehat ya, walaupun kita masih didera pandemi corona sudah hampir 11 bulan yang lalu, namun semangat kita menjalani hidup janganlah pernah pudar ya…

Saham, ya saham… sering kita mendengar istilahnya bersliweran di berita-berita, baik berita televisi maupun berita lainnya. Tapi apakah kita sudah mengenal lebih dekat dengan yang namanya saham?..

Saham merupakan salah satu instrumen dalam dunia investasi yang High Risk High Return, maksudnya kita bisa mendapat imbal hasil yang besar, tetapi juga beresiko tinggi. Saham sendiri berarti sebuah bukti lembar kepemilikan atas suatu usaha atau perusahaan yang telah go public. Keren kan jika kita menjadi salah satu pemegang saham perusahaan, apalagi perusahaannya merupakan perusahaan besar. Nah dengan kita menjadi pemegang saham dari suatu perusahaan, maka apabila perusahaan tersebut mendapat keuntungan maka kita pun mendapat untung, begitupun sebaliknya, jika mengalami kerugian maka kita juga ikut menanggung kerugian. Itulah mengapa saham disebut investasi yang high risk high return.

Dalam memulai invetasi saham, ada standar minimalnya lo.., jika kita mau invetasi saham, maka minimal kita harus membeli 100 lembar saham, atau disebut 1 Lot saham. Dan juga dalam membeli saham kita tidak bisa langsung ke perusahaannya, tetapi kita dapat membelinya melalui perantara broker, dimana broker ini disebut sekuritas. Setalah kita mendaftar ke sekuritas, maka kita bisa memilih perusahaan mana yang akan kita beli sahamnya, perusahaan-perusahaan ini terdaftar pada Bursa Efek Indonesia.

Dalam berinvetasi saham kita dapat mendapat keuntungan dari dua sumber, yakni capital gain dan dividen. Capital gain merupakan keuntungan selisih dari harga ketika membeli saham, dengan harga jual saham. Singkatnya adalah keuntungan dari kenaikan harga saham. Sebagai analoginya, Ibarat kita membeli tempe di pasar dengan harga 5 ribu per papan, lalu kita menjual kembali dengan harga 7 ribu perpapan, nah kita mendapat keuntungan dari capital gain sebesar 2 ribu. Dividen adalah pembagian keuntungan dari suatu perusahaan dibagi kepada para pemegang saham perusahaan tersebut. Semakin besar keuntungan perusahaan, maka juga semakin besar dividen yang kita dapat. Walaupun juga bergantung banyaknya lot saham yang kita punya di perusahaan tersebut.

Eits, tapi jangan langsung terburu-buru ya guys, karena banyak sekali hal yang perlu kita persiapkan dan pelajari dalam berinvestasi saham ini. Tetapi ketika kita sudah paham dan bisa membaca pergerakan pasar saham dengan baik, keuntungan yang lumayan pun bisa kita dapatkan. Dan juga kita harus mempersiapkan mental kita ketika kondisi pasar saham sedang turun, karena kita pun pasti merasakan kerugian. Maka dari itu guys, kita harus bisa bijak dalam berinvestasi saham ini. Dan yang paling terpenting, jangan gunakan dana sehari-hari, dana darurat, apalagi dana panas untuk berinvestasi di saham ya. Karena fluktuasi pasar saham yang sangat tinggi, sehingga saham lebih cocok sebagai investasi dalam jangka panjang.

Nah itu gambaran umum tentang saham, masih banyak lagi yang perlu dipelajari secara lebih detail, kalian bisa mencari dari berbagai sumber, baik itu buku ataupun dari internet.

So, balik lagi ya.. tetap belajar terus ya dan tetap menginspirasi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *