Kebiasaan-Kebiasaan Buruk di Bangku Pendidikan yang Harus Ditinggalkan Saat Sudah Kerja

kebiasaan kebiasaan buruk di bangku pendidikan yang harus ditinggalkan saat sudah kerja

Hola YOTers! Bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik terus ya! Pembahasan hari ini penting nih untuk YOTers yang saat ini sudah hampir menyelesaikan pendidikannya, di sekolah menengah ataupun kuliah dan ingin langsung berkarir. Udah jadi rahasia umum kalau dunia pendidikan itu sangat berbeda dengan dunia karir, baik itu usaha sendiri ataupun bekarir di sebuah perusahaan.

YOTers Harus Baca: Tips Buat Kamu Menjalani Passion dan Purpose Secara Beriringan

Ada banyak kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan di bangku pendidikan akan membawa pengaruh buruk untuk karir apabila terus dibawa setelah lulus dan bekerja nanti. Kebiasaan apa saja sih? Yuk simak pembahasannya.

1. Sering Menunda Pekerjaan

Kebiasaan untuk menunda pekerjaan sangat penting untuk ditinggalkan bagi YOTers yang saat ini masih dalam jenjang pendidikan maupun yang sudah bekerja. Tahukah YOTers, kebiasaan menunda pekerjaan itu hanyalah kenikmatan sementara? Kenapa sementara? Apabila YOTers menunda pekerjaan untuk tidur-tiduran, scroll timeline media sosial, atau bahkan bermain game, pada akhirnya YOTers sendiri yang akan kerepotan untuk mengerjakan pekerjaan yang menumpuk ataupun sudah mendekati deadline, pasti hasil akhirnya tidak akan maksimal. Nah, hasil yang tidak maksimal akan memberikan dampak yang buruk bagi YOTers yang saat ini sedang menyelesaikan jenjang pendidikan ataupun berkarir.

Namun, apabila memang ada pekerjaan lain yang lebih penting dan memang harus diprioritaskan, menunda pekerjaan lain yang sifatnya tidak prioritas.

2. Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam sebenarnya merupakan salah satu dampak yang dihasilkan dari menunda pekerjaan. Di dunia kerja, sangat tidak disarankan untuk YOTers untuk mengerjakan sesuatu mepet dengan deadline yang diberikan, atau dikebut semalam. Dalam dunia profesional, baik itu pekerja di suatu perusahaan maupun bisnis sendiri pasti kita menginginkan hasil yang maksimal. Dengan sistem kebut semalam, hasil yang kita dapatkan tidak mungkin maksimal, selain itu keadaan fisik kita akan menurun karena bergadang bekerja. Keadaan fisik yang prima sangat dibutuhkan untuk menghadapi pekerjaan-pekerjaan lainnya yang ada di tempat kita bekerja.

3. Begadang

Dikutip dari salah satu senandung bang Haji Rhoma Irama yang berbunyi “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja… a a a, kalu ada perlunya”, pasti YOTers ikutan nyanyi kan? Gapapa, ini bukan tantangan you sing you lose. Seperti kata bang Haji, kalau hanya ingin ngobrol bersama teman-teman, bermain game atau kegiatan yang gak mengharuskan YOTers begadang lainnya, lebih baik tidak usah begadang, tidur yang cukup agar besoknya badan dan otak bisa segar untuk menjalankan kegiatan. Kecuali jika memang ada pekerjaan mendadak yang harus segera diselesaikan sesegera mungkin, tidak apa-apa begadang sesekali, namun pastikan YOTers mengonsumsi vitamin dan banyak minum air putih agar kondisi fisik tetap terjaga ya!

4. Tidak Berani Berpendapat

Dalam dunia kerja, setiap pendapat sangat penting untuk dikemukakan sebagai bahan pertimbangan, semakin banyak pendapat yang ada, semakin banyak pula pilihan yang dapat dijalankan untuk meningkatkan bisnis. Oleh karena itu, bagi YOTers yang selama di bangku pendidikan masih malu-malu untuk mengemukakan pendapat, mulai belajar untuk memberanikan diri ya setelah lulus nanti!

5. Boros

Setelah lulus dari jenjang pendidikan, YOTers akan memiliki penghasilan sendiri, entah itu dari gaji ataupun keuntungan bisnis. Salah satu penyakit yang sering dialami oleh fresh graduate adalah menghabiskan pendapatan pertama mereka untuk berfoya-foya, membeli barang-barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Nah, kebiasaan seperti ini akan memberikan efek yang sangat buruk nih YOTers. Oleh karena itu, YOTers dapat mulai belajar untuk mengatur keuangan dan menabung sejak dini ya!

Dengan dimulainya karir YOTers di dunia profesional, berarti akan lebih banyak tanggung jawab yang dapat mempengaruhi jalannya usaha yang YOTers buat ataupun perusahaan tempat YOTers bekerja. Jadi, tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas ya YOTers!

YOTers Harus Baca: Teknik Persentasi 10 – 20 – 30 Yang Harus Kalian Terapkan

Ingin membaca lebih banyak tulisan inspiratif lainnya? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *