Media Sosial Yang Sempat Populer di Indonesia

sumber : unsplash.com

Beberapa waktu belakangan ini ada media sosial yang lagi banyak diobrolin oleh netizen Indonesia, pangsanya Clubhouse berbeda dengan media sosial lainnya yang pernah ada di Indonesia. Yang membedakannya adalah jika kita ingin login ke Clubhouse tersebut kita membutuhkan undangan dari yang sudah punya akun Clubhouse, jadi terkesan eksklusif. Yang menarik lainnya adalah aplikasi ini kita bisa langsung mendengarkan para mentor atau orang yang terkenal dalam bidangnya membagikan insight secara gratis di ruang obrolan yang mereka buat.

Sebelum Clubhouse yang populer dan booming di Indonesia, pada awal tahun 2000-an beberapa media sosial sempat populer di Indonesia. Yuk, kita nostalgia dengan 3 media sosial berikut ini :

  1. Yahoo Messanger (YM)

sumber : seeklogo.com

Di awal tahun 2000-an layanan aplikasi chatting Yahoo Messanger (YM) ini sempat populer baik di kalangan anak muda ataupun profesional. Menariknya dari aplikasi chatting ini kita bisa memakai emoticon ketika chatting. Sekarang layanan ini sudah tutup dan tergantikan oleh Whatsapp, LINE ataupun telegram.

  1. Friendster

Friendster sempat populer sebelum Facebook masuk pada tahun 2004. Keunggulan Friendster pada masa itu adalah bisa berbagi testimoni dan halaman profilnya bisa disesuaikan dengan keinginan penggunanya. Namun sayang pamor Friendster terus menerus menurun dan pada tahun 2011 seluruh data penggunanya dihapus oleh pihak Friendster.

  1. Path

sumber : google.com

Media sosial lainnya yang sempat populer pada masanya di Indonesia adalah Path. Path yang hadir di Indonesia pada tahun 2013 dan ditutup pada tahun 2018 merupakan media sosial yang berfokus pada privasi penggunanya. Beberapa fitur yang menarik dalam media sosial Path antara lain membagikan foto, mengunggah status, membagikan musik, film ataupun buku yang sedang dibaca dan juga fitur  menarik lainnya, pengguna dapat menandakan bahwa dirinya sedang tidur dengan menekan tombol tanda tidur yang tersedia dan tidak dapat mengakses Pathnya sebelum tombol tanda bangun ditekan.

 

Dari ketiga media sosial yang pernah populer di Indonesia kita dapat menarik kesimpulan jika pasar pengguna media sosial di Indonesia sangatlah besar, dan jika tidak diiringi oleh perubahan-perubahan yang mengikuti zaman bisa jadi media sosial yang sekarang sedang booming seperti Clubhouse ataupun Tiktok akan mengikuti nasib Path seperti sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *