Aman di luar Zona Nyaman

Zona nyaman merupakan sebuah istilah dimana menjelaskan posisi kita dalam keadaan yang aman , serba muda dan sangat kita kenali. Zona ini memberikan kepastian kepada kita dalam menjalani aktivitas dimana semuanya terasa familiar. Tapi nyatnya sering kali kita mendengar atau mendapati bahwa salah satu kiat sukses ialah dengan “Keluar Dari Zona Nyaman”. Mengapa begitu? Bukan kah sesuatu yang sudah pasti atau sudah sangat familiar membuat kita mudah mencapai sesuatu?

Berada dititik zona nyaman memang stabil tapi kenyataannya jika kita terlalu lama berada di zona nyaman hal tersebut. justru mengurangi tingkat produktivitas. Mengapa? Karena berada di zona nyaman membuat kita tidak menghadapi tantangan baru. Segalanya seperti sebuah hal yang biasa untuk kita. Dengan keluar dari zona nyaman kita akan membuka kesempatan baru, tantangan baru serta celah untuk kita bisa menambah keahlian bahkan pencapaian.

Memang perlu disadari bahwa setiap transisi dalam keluar dari zona nyaman hampir selalu tidak mulus dan menyulitkan. Terkadang bahkan membuat kita stress. Hal tersebut wajar terjadi. Bahkan tidak jarang dari kita yang akhirnya merindukan atau ingin kembali ke zona kita sebelumnya, tapi apakah itu menjadi solusi? Nyatanya banyak orang yang akhirnya menyerah di zona yang baru justru menyesali keputusannya menyerah atau lebih naas nya tidak bisa kembali ke zona nyaman mereka. Oleh karena itu berikut trik yang bisa membuat kita bertahan dan terus berjuang saat keluar dari zona nyaman.

 

  • TEMUKAN CIRCLE YANG BAIK
    Percaya bahwa lingkungan mempengaruhi perkembangan kita. Circle yang bagus dan baik membuat kita selalu terpacu. Mulailah berteman sharing dengan orang-orang yang  positif, dengan orang-orang yang pencapaiannya lebih diatas kita. Gak perlu minder, Mereka pasti akan dengan senang hati berbagi masa perjuangan mereka dengan kita. Karena mereka tahu rasanya perih untuk sampai di titik mereka sekarang. Gaperlu jauh jauh, mulai dari teman kita yang kita rasa posisi dan keadaannya lebih baik dari kita.

 

  • SUPPORT SYSTEM
    Bukan cuman tim sepak bola yang butuh supporter. Kita juga butuh. Penting untuk kita mengenali siapa atau bagaimana support system kita. Karena bukan tidak mungkin support system menjaga kita tetap teguh dan berjuang di zona baru. Mulai dari Keluarga, Sahabat, Bahkan pacar kita sendiri. Percaya deh orang yang tulus mensupport kita gak akan tega melihat kita tersiksa. Mereka akan empati dengan kita contohnya; saya pernah tiba-tiba dibawakan masakkan oleh pacar agar saya tidak lupa makan saat bekerja. Bukan main , itu jadi dopamine saya sendiri yang akhirnya menbuat saya focus dalam bekerja.

 

  • KETENANGAN & DOA
    Kalau kita merasa dua hal diatas kita tidak punya. Tenang , selalu ada hal yang kita punya yaitu TUHAN. Mungkin hal ini terasa klise di telinga temen- temen khususnya kita yang masih muda. Tapi ternyata tahu tidak bahwa salah satu kebutuhan psikologis manusia agar psikisnya tetap normal ialah spiritual. Doa sendiri memberikan makan kebutuhan spiritual kita. Secara psikologi sendiri manusia memang mebutuhkan sosok dzat yang kita rasa lebih kuat dari kita sebagai tempat bergantung atau mencurahkan keluh kesah. Karena biasanya setelah kita mencurahkan kesusahan kita, kita merasa lebih tenang. Tenang sendiri menjadi kunci utama dalam menghadapi masalah baik kecil maupun besar.

 

Keluar zona nyaman bukan hal yang mudah. Pasti ada cobaan, pasti ada rintangan. Tapi bukan berarti kenyamanan tidak ada sama sekali. Circle, Support dan doa bisa jadi obat untuk segala kepusingan kita di zona yang baru yang akan selalu menjaga kita selama berjuang di zona baru. Tidak perlu panik saat di zona yang baru, “KARENA KITA TIDAK PERNAH SENDIRIAN”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *