Passion Atau Happy ?

Mungkin banyak dari kalian yang sering mendengar ucapan “Follow Your Passion” , seolah mengatakan jika kamu berkerja sesuai dengan passionnya maka kamu akan menjadi sosok yang hebat karena jika berkerja dengan passion kita tidak seperti berkerja.

Awalnya saya percaya itu, ikuti lah passionmu jika kamu mau sukses namun apakah follow your passion itu hak semua orang? menurut saya tidak, bagi saya follow your passion itu hanya milik orang-orang yang memiliki privilege didalamnya, entah privilege dari lingkungan, pendidikan atau bahkan orang tua yang hidupnya serba ada.

Dan belum tentu orang yang berkerja sesuai dengan passion dia akan happy, jika seperti itu tentu tidak mungkin banyak pemain bola yang gantung sepatu lebih cepat dan berganti profesi diluar dunia sepak bola.

Sekarang ini bagi saya ada yang lebih penting dari passion yaitu “happy”, dan tentu arti “happy” dari setiap orang ini berbeda-beda. Seorang ayah yang perkerjaannya sebagai pelaku “Seni jalanan” tentu kata happy adalah kita esoknya dia bisa memberikan anaknya susu. Seorang yang menjadi entrepeneur tentu arti happy ketika omsetnya pada saat itu melimpah.

Sekarang ini saya selalu menyarankan carilalh sesuatu yang bikin kamu “happy” karena itu akan berdampak ke seluruh tubuh dan pikiran.

dan berhentilah mengatakan kepada teman-temanmu diluar sana dengan mengatakan “makanya kerja sesuai passion” karena tidak semua orang beruntung sepertimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *