Pionir Musik Pop Punk Indonesia

Di Indonesia banyak sekali aliran musik yang berkembang disini, mulai dari pop hingga metal, tapi ada satu aliran musik yang tidak mainstream. Musik ini mungkin akan asing ditelinga kalian. Yup, aliran musik yang dimaksud adalah Pop Punk.

Pop Punk sebenernya adalah sub genre aliran pop dengan derasnya budaya punk menghasilkan musik dengan tempo cepat dan menghentak, biasanya arti liriknya dengan nada perlawanan atau persahabatan tak jarang lirik dengan kata-kata cinta juga sering dipakai aliran musik pop punk.

Di Indonesia sendiri ada 2 band yang mempopulerkan musik pop punk. Pertama ada Rocket Rockers, band asal Kota Bandung yang  booming di tahun 2002 awal dengan lagu berjudul Bangkit dan kedua ada Pee Wee Gaskins berasal dari Jakarta yang menghentak di tahun 2008 dengan lagu berjudul Dibalik Hari Esok. Walaupun keduanya tetap eksis hingga saat ini.

Pee Wee Gaskins

Keberanian mereka membawa aliran musik antimainstream membuat nama mereka dikenal, sehingga banyak band-band underground mengikuti mereka. Masuk diantara scene-scene Emo, Having Metal dan Pop Melayu membuat mereka cukup berbeda dan mudah dikenali, itulah salah satu trik mereka bisa tetap stay didengar oleh para penggemar mereka.

Rocket Rockers

Kalau dari warna musik Rocket Rockers dan Pee Wee Gaskins, cukup mempunyai perbedaan dimana RR sebutan Rocket Rockers memainkan musik padat, kencang dan suara khas vokalisnya menjadi andalan. Sementara warna musik PWG sebutan Pee Wee Gaskins memainkan musik dengan suaran loop gitar yang padat, suaran vokalis yang saling bersahutan dan permainan syntheizer yang apik menjadi PWG menjadi warna baru dalam skema musik pop punk.

Dalam hal prestasi keduanya juga membanggakan, Rocket Rockers menjadi bagian dalam film dokumenter Pop Punks Not Dead bersama dengan band-band legendaris seperti Green Day dan Blink182 sementara Pee Wee Gaskins menjadi band pertama yang bisa main di Summersonic Jepang itu adalah festival musik tahunan terbesar di dunia dan berhasil menang dalam sebuah TV Show di Jepang bertajuk Asia Versus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *