Momen yang Bisa Meningkatkan atau Menghancurkan Karirmu

Apa yang kamu lakukan tiap hari di kantor secara gak kamu sadari ada beberapa hal yang bisa meningkatkan atau menghancurkan karirmu. Bahkan saat hari pertama kamu masuk di sebuah perusahaan, juga bisa menentukan bagaimana jenjang karirmu selanjutnya. Lalu, momen apa aja sih yang bisa meningkatkan atau malah menghancurkan karir kita? Ini dia beberapa poinnya dilansir dari Entrepreneur.com:

  1. Pertemuan Pertama dengan Bos Kamu

Pertemuan pribadi antara kamu dengan bos kamu akan menentukan bagaimana kalian bisa bekerjasama. Pada momen pertama ini merupakan kesempatan untuk mempelajari bagaimana pola pikir, kebiasaan dan bagaimana cara bos kamu mencapai sebuah target. Ini bisa membantu kamu dalam memenuhi bahkan melewati ekspetasi bos kamu terhadap diri kamu sendiri.

  1. Menolak atau Menerima Sebuah Tugas

Ada sebuah momen di mana kamu akan mendapatkan sebuah tugas di luar dari job description kamu. Ada dua pilihan yang kamu punya, berkata ‘iya’ atau ‘tidak’. Ada baiknya kamu berkata ‘iya’ supaya kamu bisa maju dalam karirmu dan membuatmu selalu tertantang dengan hal-hal baru. Di momen ini pula bisa menentukan bagaimana jenjang karir kamu selanjutnya.

  1. Bagaimana Kamu Menghadapi Kegagalan

Tidak ada yang sempurna di awal yang artinya sesuatu hal yang baru dilakukan sekali atau pertama kali hasilnya tidak akan bagus. Di momen itulah kamu merasa kalau kamu gagal dan kamu punya dua pilihan, antara menyerah atau memperbaikinya. Saat kamu menghadapi sebuah kegagalan atau melakukan kesalahan, tunjukkanlah kalau kamu adalah orang yang bertanggung jawab dan mampu memperbaiki serta tidak mengulanginya lagi.

  1. Bagaimana Review Kinerja Pertama Kamu

Pastinya akan ada evaluasi kerja dari bos kamu mengenai kinerja dan sikap kamu di kantor. Review atau evaluasi kerja ini juga berguna untuk mendiskusikan pencapaianmu selama setahun terakhir. Kamu juga jadi tahu mengenai apa yang harus kamu tingkatkan dan kamu tinggalkan di kantor.

  1. Momen Pertama Kali Kamu Minta Kenaikan Gaji, Promosi hingga Kebutuhan Vakansi

Sebelum kamu minta adanya kenaikan gaji, kamu harus review dulu bagaimana pencapaian kerja kamu. Kalau kenaikan gaji sudah diimbangi dengan performa kerja yang baik, tentunya bisa meningkatkan jenjang karirmu. Tapi, kalau kenaikan gaji belum atau gak diimbangi dengan performa kerja yang baik, pastinya bisa menurunkan reputasi hingga karirmu.

  1. Pertama Kali Kamu Resign

Pastinya kamu gak mau untuk selalu ada di sebuah jabatan atau bahkan di sebuah perusahaan yang sama selamanya. Ada waktunya di saat kamu sudah merasa cukup dan ingin mencoba hal baru. Tapi, momen resign ini juga harus kamu imbangi dengan sikap profesionalisme dalam bekerja. Jangan pernah berkata hal negatif mengenai perusahaanmu di tempat baru kamu nantinya ya.

  1. Pertama Kali Kamu Mempekerjakan Seseorang di dalam Tim

Ketika jenjang karirmu meningkat, maka kamu akan memiliki sebuah tim di mana kamu berperan sebagai pemimpinnya. Memiliki sebuah tim juga belum tentu bisa meringankan pekerjaanmu, justru di sinilah tingkat tanggung jawab semakin meningkat. Berikanlah sikap terbaikmu, bertanggung jawab terhadap apa yang kamu lakukan, bijak dalam menghadapi keputusan. Bagaimana sikap kamu dalam memimpin sebuah tim juga bisa menentukan apakah hal tersebut bisa meningkatkan atau menghancurkan karirmu.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *