Manfaat TOEFL dan IELTS untuk Karir Ataupun Pendidikan

manfaat toefl dan ielts untuk karir ataupun pendidikan

Halo YOTers! pernah gak sih mendengar istilah TOEFL ataupun IELTS? Mungkin, untuk YOTers yang saat ini sedang kuliah sudah tau artinya. Karena hampir sebagian besar universitas sudah menetapkan nilai TOEFL atau IELTS sebagai salah satu syarat kelulusan.

Baca Juga: Idiom Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Tahu!

Selain sebagai syarat kelulusan, apalagi sih manfaat TOEFL dan IELTS lainnya untuk kita?

Manfaat TOEFL dan IELTS

Nah, sertifikat TOEFL ataupun IELTS sangat penting untuk dimiliki untuk menunjang pendidikan ataupun karir YOTers. Sertifikat TOEFL atau IELTS dapat membantu YOTers untuk:

1. Memenuhi Persyaratan Belajar di Luar Negeri

Meski tidak semunya, namun sebagian besar universitas di luar negeri mensyaratkan calon mahasiswanya untuk memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS saat mendaftar sebagai mahasiswa loh.

Nah, untuk YOTers yang memiliki rencana melanjutkan pendidikan ke luar negeri, sertifikat TOEFL dan IELTS sangat dibutuhkan nih! Kenapa? Karena, sertifikat TOEFl atau IELTS dibutuhkan untuk memastikan kemampuan bahasa Inggris YOTers (mendengar, berbicara, dan menulis) sudah layak dan sesuai standar untuk mengikuti pembelajaran di luar negeri. Intinya, untuk mastiin YOTers bisa mengerti dan tidak kesusahan saat belajar di luar negeri.

2. Beasiswa Pendidikan di Luar Negeri

Nah, sama seperti poin pertama tadi, semua instansi yang memberikan beasiswa ke luar negeri pasti mengharuskan YOTers untuk memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS dengan nilai tertentu sebagai salah satu prasyaratnya. Contohnya beasiswa LPDP yang mengharuskan YOTers mendapatkan skor minimal:

  • TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, IELTS 6,0 untuk program magister dalam negeri.
  • TOEFL iBT® 80; IELTS™ 6,5 untuk program magister luar negeri.
  • TOEFL ITP® 530; TOEFL iBT® 70; IELTS™ 6,0 untuk program doktoral dalam negeri.
  • TOEFL iBT® 94; IELTS™ 7,0; TOEIC® 850 untuk program doktoral luar negeri.

Dan, sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

3. Syarat Bekerja

Saat ini beberapa perusahaan menjadikan skor TOEFL sebagai salah satu syarat untuk diterima bekerja. Beberapa perusahaan atau instansi pemerintah seperti kementerian bahkan sudah menjadikan skor TOEFL sebagai salah satu prasyarat agar bisa diterima. 

4. Mengasah Kemampuan Pribadi

Karena dalam tes TOEFL atau IELTS, YOTers akan diuji kemampuan berbahasa Inggris, mulai dari berbicara, menulis, sampai mendengarkan. Maka, tidak ada salahnya juga untuk YOTers yang ingin mengasah atau ingin sekedar mengetahui tingkat kemahiran dalam berbahasa inggris mengambil tes TOEFL atau IELTS. Tentunya dalam karir, memiliki kemampuan berbahasa asing, apalagi fluent, akan menjadi nilai plus bagi YOTers. Untuk YOTers yang ingin mengasah kemampuan bahasa Inggris, atau ingin mengambil tes TOEFL, tidak ada salahnya untuk mengikuti kelas-kelas TOEFL atau IELTS yang saat ini sudah banyak dibuka.

Nah, kira-kira segitu dulu YOTers informasinya mengenai manfaat TOEFL dan IELTS untuk pendidikan dan karir. Banyak banget kan manfaatnya untuk YOTers? Kalau YOTers tahu manfaat lainnya atau sekedar mau membagikan pengalaman, yuk isi kolom komentar di bawah ini ya!

Ingin mendapatkan berbagai tulisan inspiratif lainnya? Yuk, kunjungi blog Young On Top di sini!

Baca Juga: Kerja Tidak Sesuai Jurusan Kuliah? Gak Masalah!

Ingin mendapatkan update podcast, video, atau artikel eksklusif dari narasumber terpilih dan pastinya inspiratif? Yuk, bergabung menjadi premium member Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *