Meningkatkan Kepedulian Sosial di Lingkungan Sekitar

meningkatkan kepedulian sosial di lingkungan sekitar kita

Halo YOTers! Nggak kerasa ya, sudah lebih dari setahun pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Banyak banget nih yang kena dampak pandemi, seperti usaha yang terpaksa gulung tikar, meningkatnya angka pengangguran yang diakibatkan perusahaan yang pailit, dan masih banyak dampak lainnya. Masa penuh cobaan seperti sekarang adalah saat yang tepat untuk menunjukkan kepedulian sosial.

Baca Juga: 3 Kata Ajaib yang Kerap Dilupakan

Mempraktikkan kepedulian sosial itu bisa dimulai dari lingkungan terdekat. Mungkin ada kerabat YOTers yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, YOTers dapat membantu mencarikan lowongan kerja, atau memberi masukan agar CV nya terlihat lebih meyakinkan, atau bahkan memberi ide usaha yang dapat dijalankan.  KalauYOTers memiliki kerabat yang bisnisnya terganggu karena pandemi, bisa juga lho bantu mempromosikan bisnis mereka di media sosial. Ini juga termasuk contoh kepedulian sosial loh YOTers.

Pentingnya Kepedulian Sosial

Apasih pentingnya kepedulian sosial? Kenapa harus kita terapkan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Menumbuhkan Rasa Empati

Dengan menunjukkan rasa peduli kepada orang-orang sekitar yang membutuhkan pertolongan kita, YOTers juga sebenarnya sekalian melatih rasa empati. Semakin sering YOTers membantu orang lain, YOTers juga akan tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik, yaitu sebagai orang yang empatetik. Orang yang kita bantu pun juga bisa terinspirasi untuk menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitarnya setelah merasakan kebaikan YOTers, atau istilah kerennya paying forward.

2. Menjadi.Contoh untuk Orang Sekitar

Mempraktikkan kepedulian sosial bisa membuat orang lain terinspirasi untuk berbuat hal yang sama. . Menjadi contoh baik untuk sekitar pasti akan sangat membahagiakan, bukan?

3. Peluang Belajar Hal Baru

Membantu orang lain dapat membuat YOTers belajar banyak hal baru. YOTers bisa belajar dari masalah yang mereka hadapi agar di kemudian hari apabila YOTers berhadapan dengan masalah yang sama, YOTers sudah tahu bagaimana menghadapi masalahnya. 

4. Melihat Prespektif Lain

Jika selama ini YOTers melihat suatu hal dari sudut pandang sendiri, dengan mempraktikkan kepedulian sosial atau sederhananya, peduli terhadap lingkungan sekitar dapat membuka mata YOTers terhadap sudut pandang orang-orang sekitar, dari kesulitannya, sampai dengan bahagianya, sehingga YOTers dapat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih wise serta open-minded.

Nah, itu dia YOTers alasan kenapa kita perlu meningkatkan kepedulian sosial, terutama di lingkungan sekitar kita! Yuk, mulai tingkatkan kepedulian sosial kita agar dunia kita menjadi tempat yang lebih baik!

Cek juga apa kata Kak Henry Kristianus (Founder & Managing Director Tangan Pengharapan) mengenai kepedulian sosial.

Nah, semoga artikel ini bisa memberikan YOTers pembelajaran baru mengenai kepedulian sosial ya!

Baca Juga: Udah Tahu Gak, Bedanya Bekerja dengan Berkarya?

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel inspiratif lainnya? Yuk, kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan podcast, video, atau artikel eksklusif dari para narasumber yang tentu saja sangat inspiratif? Yuk, bergabung di premium membership Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *