Cara Memilih Jalan yang Tepat Menuju Kesuksesan bersama LeadTalk 2021

Di tengah pandemi, ekonomi dan industri global telah beradaptasi dengan kondisi dan tindakan pencegahan baru, sehingga menciptakan perubahan pada cara kita hidup yang sekarang dikenal dengan “new normal”. Laju kehidupan yang semakin cepat juga sudah menjadi normalitas baru di lingkungan pekerjaan. Perubahan yang terus terjadi pada kehidupan secara tidak langsung ikut mengubah tujuan dan mimpi kita.Merespon hal ini, AIESEC mengadakan webinar series bernama LeadTalk 2021. AIESEC merupakan suatu organisasi pemuda yang bergerak di bidang volunteer and exchange untuk membantu generasi muda menjadi pemimpin masa depan. LeadTalk 2021 secara langsung menjadi salah satu cara AIESEC in UI untuk lebih menginspirasi remaja Indonesia untuk menjadi tenaga kerja yang lebih produktif dan kompetitif.

LeadTalk 2021 yang membawa topik ​”Taking Baby Steps Towards a Clear Future Path”​. Pada kesempatan ini, LeadTalk menghadirkan para ahli dari berbagai bisnis dan industri yaitu Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Veranita Yosephine (CEO of AirAsia Indonesia), Jefri Sirait (CEO of PT Astra Mitra Ventura), dan Handi Kurniawan (Group Head of Leadership & Learning Jardine Matheson) yang dilaksanakan pada tanggal 30-31 Januari 2021.

Tidak hanya webinar, Leadtalk juga menghadirkan workshop yang difasilitasi oleh Dale Carnegie serta DQ Lab. Kedua workshop ini lebih memfokuskan dalam memberikan “hard skill” bagi partisipan.

“LeadTalk Volume 2 merupakan salah satu kontribusi AIESEC di UI untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan anak kemampuan pemuda dan mempersiapkannya untuk terjun ke pasar kerja global. Melalui tema yang diangkat, “Taking Baby Steps to a Clear Future Path”, kami menyediakan rangkaian webinar, talkshow dan workshop yang dapat membantu pemuda mempersiapkan karirnya,” menurut Devin Hendrawan, selaku ketua pelaksana ​(Organizing Committee President) ​LeadTalk 2021.

 

Sesi foto bersama Workshop Dale Carnegie

 

 

Pada salah satu sesi dengan pembicara ibu Veranita Yosephine (CEO of Air Asia Indonesia), membicarakan mengenai “​The High Impact Hustle”​ . Ibu Veranita Yosephine membicarakan cara kita dapat mencapai ​“ikigai”​ (suatu istilah Jepang menjelaskan tujuan dari kehidupan).

Menurut ibu Veranita terdapat 4 cara kita dapat mencapai ikigai:

  1. Tentukan apa arti sukses bagi Anda. Hal ini penting karena definisi sukses bagi tiap orang berbeda. Melalui ini Anda dapat menemukan apa hal yang penting dan hal yang membuat Anda bahagia.
  2. Luruskan prioritas Anda. Tidak ada orang yang dapat melakukan semua dalam satu waktu. Dengan mengetahui apa prioritas Anda, Anda dapat menghemat energi dan bekerja secara efisien.
  3. Tetap fokus. Dalam dunia modern terdapat banyak gangguan dalam kehidupan sehari-hari. Olehsebab itu penting bagi kita untuk tetap fokus pada mimpi serta tujuan Anda.
  4. Terus bersyukur dan “​Stay Positive​”. Hal yang penting untuk diingat adalah semua orang memiliki waktunya masing masing. Oleh sebab itu dalam perjalanan hidup penting bagi kitauntuk terus bersyukur dan “​Stay Positive​”

Melalui pembicara pak Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) juga membicarakan mengenai cara efektif agar dapat memperbaharui diri kita atau “​self improvement​”. Pak Ganjar mengatakan bahwa jika kita tetap fokus dan terus berjuang, perjuangan itu akan membawa kita menjadi diri kita yang lebih baik.

LeadTalk 2021 berharap agar setiap partisipan dapat menjadi pribadi yang berkualitas sehingga dapat bersaing dan siap pada setiap perubahan dan tantangan yang akan menghadang di masa depan nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *