Merasa Kurang Kreatif? Coba Ikutin Cara Menjadi Kreatif Ini!

merasa kurang kreatif coba ikutin cara menjadi kreatif ini

Halo YOTers! Pernah gak sih kalian ditegur sama dosen, senior, atau mungkin atasan kalian di kantor karena memberi ide yang itu-itu saja?. Atau, mungkin YOTers ada yang memiliki bisnis, tapi pemasukannya gak naik-naik karena selalu menggunakan strategi yang sama?. Hmm, mungkin karena  YOTers kurang kreatif atau YOTers sedang kehabisan cara menjadi kreatif.

Cocok untuk YOTers: 5 Keuntungan Berani Mencoba Hal Baru

Heits, tunggu dulu! Kalau kalian berpikir kreativitas hanya dibutuhkan dalam bidang seni saja, berarti kalian perlu mengubah mindset. Karena menurut KBBI, kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta; sebuah daya cipta. Tidak ada bidang khusus yang disebutkan, jadinya kreativitas itu berguna untuk berbagai hal dan untuk pekerjaan apapun.

Cara Menjadi Kreatif

Nah, untuk YOTers yang sering merasa kurang kreatif, jangan khawatir! Ternyata ada banyak cara menjadi kreatif loh! Apa dan bagaimana sih caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Mencatat Hal-Hal Menarik yang Terjadi di Sekitar

Sadar gak sih YOTers, setiap hari pasti akan selalu ada kejadian menarik yang terjadi di sekitar kita?. Misalnya, YOTers lagi nongkrong sama teman-teman, eh tiba-tiba si Jono ngeluarin bercandaan yang lucu banget!. Atau, misalnya saat nemenin mama belanja di pasar terus tiba-tiba ngedenger pedagang teriak “KEBAKARAN-KEBAKARAN!” pas dateng ke tokonya si pedagang langsung bilang “Harganya kebakaran! Diskon gede-gedean!”. Menarik bukan?. Nah, akan lebih baik apabila YOTers jangan melihat saja tapi coba untuk catat kejadian menarik yang YOTers alami di hari itu di note book kecil yang selalu YOTers bawa atau di notes di hape YOTers. Kebiasaan mengobservasi dan mencatat iini membuat YOTers punya daftar ide atau inspirasi yang bisa YOTers saat diperlukan.

2. Lakukan Riset

Cara yang sangat sederhana tapi seringkali orang-orang malas untuk melakukannya. Riset bakal ngebantu YOTers untuk melihat hal apa saja yang bisa dilakukan supaya mendapatkan hasil terbaik. Contohnya, YOTers memiliki usaha tapi pemasukannya gak naik-naik, nah, YOTers bisa nih meriset bisnis lain yang sama seperti bisnis yang YOTers jalani namun lebih sukses. Amati langkah-langkah yang mereka lakukan, dari segi produk, promosi, dan lain sebagainya. Pelajari, kembangkan, dan terapkan. Jangan takut untuk bereksperimen!

3. Takut Salah? Jangan!

Kesalahan tidak dapat terhindarkan saat kita melakukan eksperimen. Saat YOTers salah, jangan langsung nge-down, pelajari faktor apa saja yang ngebuat salah, cari jawabannya, langsung benerin. Kesalahan itu bukan untuk ditakuti, tapi untuk dipelajari biar gak keulang di kemudian hari. Tapi, perlu diingat nih, YOTers, jangan sampai kesalahan yang sama diulang berulang kali, seperti kata pepatah “Keledai saja tak jatuh di lubang yang sama sampai dua kali”.

4. Join di Komunitas Sekitar

Bergabung bersama komunitas-komunitas yang ada di lingkungan, atau mungkin di kampus. Selain mendapatkan teman baru, YOTers juga bisa dapetin berbagai macam informasi-informasi baru yang mungkin bisa dijadikan ide-ide baru!

5. Jalan-Jalan

“Loh? Emang jalan-jalan bisa ngebuat kita lebih kreatif? Ah, ngaco ah mas-mas tukang artikelnya”. Heits, tunggu dulu, dengan jalan-jalan, YOTers dapat membuat otak beristirahat dari pekerjaan sehari-hari, dan berkenalan dengan budaya baru dari tempat-tempat yang dikunjungi, yang mungkin dapat menjadi inspirasi atau ide-ide baru yang lebih kreatif! Ada penelitian dari Adam Galinsky, profesor di Columbia Business School yang memberikan hasil bahwa 270 direktur fashion ternama yang menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan ke luar negeri cenderung menghasilkan karya-karya yang lebih inovatif dan konsisten. Jadi, yuk luangkan waktu untuk jalan-jalan, dan berkenalan dengan berbagai budaya baru!

Nah, YOTers, yuk cobain cara menjadi kreatif di atas! Gaperlu buru-buru mencoba semuanya, coba aja dulu salah satu yang memang bisa langsung diterapkan. Jangan pernah takut untuk berpikir lebih kreatif ya, YOTers! Nih, ada pesan dari kak Andrey Noelfry Tarigan mengenai cara menjadi kreatif untuk kita anak muda, ditonton ya YOTers!

Cocok untuk YOTers: Pengertian Quarter Life Crisis, dan Apa yang Harus Dilakukan

Ingin mendapatkan lebih banyak bacaan inspiratif? Yuk, kunjungi blog Young On Top di sini!

Mau mendapatkan konten podcast, video, ataupun artikel mengenai karir, kesehatan, dan beragam topik lainnya dari narasumber berpengalaman? Yuk, bergabung di premium member Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *