Pertanyaan Tentang Fotografi bersama Ivan Mario

pertanyaan tentang fotografi with ivan mario

Halo YOTers! Beberapa waktu kemarin tim Young On Top berkesempatan untuk bertemu fotografer Ivan Mario saat tapping program Unlock with Billy Boen di Studio 3 Metro TV.

Baca Juga: Gunakan Metode Ini dan Produktivitas Kamu Akan Meluncur seperti Panah

Gak cuma ketemu, Kak Ivan juga menyediakan waktunya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tim YOT seputar dunia fotografi. Pastinya, YOTers penasaran kan dengan profesi fotografer, khususnya wedding photografer seperti yang Kak Ivan jalani. Bagi YOTers yang memiliki hobi fotografi dan kepingin menjadi fotografer profesional seperti Kak Ivan, yuk simak perbincangan hangat kami.

Q: Apakah fotografi memang sudah menjadi hobi kak Ivan Mario sejak dulu?

Kalau hobi sejak dulu sih sebenarnya nggak, ya. Saya baru mengenal fotografi itu pas saya di semester akhir kuliah, waktu saya bekerja di design graphics company. Disitu saya baru mempelajari mengenai kamera, karena kebetulan kita butuh kamera untuk foto produk. Dan, kebetulan ayah saya punya kamera, jadi saya pinjam, saya pelajari, akhirnya saya jadi suka.

Q: Gear pertama yang Kak Ivan punya saat memulai karir?

Gear pertama yang saya punya saat memulai karir itu Cannon, dan waktu itu udah DSLR, jadinya bukan manual lagi, udah automatic. Tapi, gara-gara saya suka, saya jadi mempelajari justru kamera manual. Jadi, saya ingat ketika pertama-tama saya memulai foto itu lagi heboh-hebohnya kamera digital.

Q: Siapa sih fotografer favorit kak Ivan?

Saya sangat menghargai semua fotografer, baik yang baru mulai ataupun yang sudah senior. Jadi, saya suka melihat hasil karya seseorang sebagai fotografer karena setiap orang itu berbeda, punya daya imajinasi, kreativitas yang berbeda. Mungkin kalau disebutin saya punya satu dari luar saya ada suka satu fotografer perempuan, Quincy Adler namanya, dari New York, itu dia fotografer potrait. Tapi sebenarnya gak berhubungan dengan wedding, sedangkan saya kerjanya di bagian wedding industry, tapi saya suka ngeliatin kerjaannya dia gitu. Dan ada beberapa nama-nama lain yang bisa saya sebutin, banyak banget. Tapi, justru saya lebih banyak mengidolakan orang-orang yang punya bisnis di luar fotografi, kayak saya suka belajar dari orang-orang yang bisnisnya bukan fotografi, itu yang bikin saya penasaran, ada yang dari olahraga dan berbagai bidang lainnya.

Selain cerita seru di atas, Kak Ivan juga sempat menceritakan awal mula karirnya sebagai fotografer profesional, termasuk jumlah honor pertama yang ia terima. Kak Ivan Mario juga membagikan tips bagaimana mensiasiati keterbatasan finansial saat memiliki passion di dunia fotografi, serta bagaimana caranya membangun portofolio yang keren bagi YOTers yang tertarik berkarir di dunia fotografi.

Baca Juga: Seberapa Penting Passion Kamu Setelah Masuk Dunia Kerja?

Penasaran dong sama obrolannya? Yuk, baca kelanjutan wawancara dengan Kak Ivan Mario di sini!

Selain artikel, akan ada konten seru dan inspiratif lainnya dalam bentuk podcast serta video! Tunggu apa lagi YOTers? Yuk, bergabung! premium member Young On Top di sini!

 

 

ivan mario serba serbi fotografi
Sumber: Instagram @ivanmario (https://www.instagram.com/p/CJDGM4YJV8n/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *