MANFAAT CURHAT UNTUK KESEHATAN MENTAL

Hii YOTers !

Curhat atau curahan hati merupakan kegiatan mencurahkan isi hati kita, keresahan ataupun menceritakan tentang masalah kita kepada orang lain yang kita percaya, baik itu sahabat, orang tua, keluarga, terapis atau bisa jadi orang asing yang bersedia mendengarkan cerita kita.

Terdengar konyol memang, masa kita menceritakan masalah hidup kita ke orang lain, nanti kalau ternyata orang yang diceritakan itu menjadikan alat untuk menyerang balik kita gimana? Maka dari itu penting untuk kita juga memilih kepada siapa kita bercerita, orang – orang yang memang kita percayai, memiliki empati terhadap kita dan peduli dengan kita. Mengingat kita ini merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain, kita tidak bisa sendiri jangankan saat ada masalah saat keadaan senang saja kita pasti butuh orang lain.

Curhat ini lumrah kok dilakukan, kenapa? Karena disaat kita curhat kita dapat mengeluarkan beberapa emosi marah, jengkel, kesal dll yang terkadang kalau kita tidak curhat emosi – emosi itu hanya dapat kita pendam yang pastinya tidak bagus juga untuk Kesehatan,  terkadang kita saat mendapatkan cobaan hidup atau sedang strees biasanya mulai mengeneralisir masalahnya, dan juga hanya memikirkan masalahnya saja bukan cari solusinya, yang membuat kita stak dalam lingkaran atau pemikiran kita terhadap masalah tersebut yang dapat membuat kita menjadi stress, depresi, tidak nafsu makan bahkan mulai sampai menyerang Kesehatan fisik kita.

Maka dari itu sangat penting untuk kita dapat mencurahkan isi hari kita, bukan hanya untuk mencari solusi tapi membantu kita meluapkan segala bentuk emosi yang ada dihati dan itu membuat hati kita menjadi lebih baik.

Lalu apa saja sih manfaat dari curhat? Berikut penjabarannya (poin – poin ini saya dapat dari beberapa teman yang bersedia mendiskusikan hal ini), yaitu :

  1. Meringankan beban pikiran

Curhat dapat meringakan beban pikiran karena dengan menceritakan atau mencurahkan isi hati itu membantu kita untuk dapat meluapkan emosi – emosi, pikiran dan kegundahan yang terpendam yang diakibatkan oleh pikiran yang sedang kalut. Yang dimana emosi – emosi, pikiran dan kegundahan yang ada seakan – akan keluar dan membuat hati lebih plong.

Ini penting karena apabila emosi, pikiran dan kegundahan ini dipendam sendiri ini dapat menyebabkan mengganggu Kesehatan mental & jiwa kita, yang nantinya akan berdampak kita menjadi stress & depresi.

 

  1. Mendapatkan perspektif lain

Curhat dapat membantu kita untuk mendapatkan pemikiran dan perspektif lain dari sebuah permasalahan karena setiap manusia memiliki pemikiran & perasaan yang berbeda – beda dalam menghadapi sebuah permasalahan.

Dengan curhat kita dapat lebih luas melihat kemungkinan – kemungkinan yang ada dalam sebuah permasalahan, karena disaat curhat kita akan bertukar pikiran, pandangan & perasaan dengan orang lain, yang dimana orang lain itu dapat lebih netral dan dapat melihat dari berbagai sisi dari permasalahan kita. Yang membuat kita menjadi mendapat pemikiran dan pandangan baru untuk dapat dijadikan solusi.

 

  1. Membentuk kepribadian

Pada poin ini, curhat dapat membantu kita membentuk karakter karena dengan curhat kita dapat bertukar argument, pemikiran, pandangan dll. Yang membuat kita bisa menjadi pribadi yang dapat menerima kritik & saran, lebih openminded, menimbulkan rasa simpati & empati, dapat belajar untuk bisa membaca & melihat segala permasalah dari berbagai sisi dan melatih kita untuk tidak mengeneralisir sebuah permasalahan.

 

  1. Sumber kekuatan & dorongan semangat

Dengan curhat meski mungkin lawan bicara kita tidak begitu mengerti tentang permasalah yang sedang kita hadapi tapi minimal dengan didengarkan saja kita sudah merasa lega. Tak jarang juga saat kita bercerita kita akan diberikan dorongan semangat yang dapat memotivasi kita untuk bisa melewati permasalahan yang hadir di kehidupan kita. Yang membuat kita menjadi lebih optimis dalam menjalankan dan menghadapi masalah tersebut.

 

  1. Memperbaiki suasana hati

Poin terakhir ini, curhat tentu dapat memperbaiki suasana hati kita yang sedang gundah resah menjadi lebih ringan karena emosi yang terpendam itu dapat keluar dan perasaan tertekan mulai hilang. Apalagi saat curhat dengan sahabat, mungkin tidak memberikan solusi tapi biasanya sahabat dapat membantu untuk membuat “bercandaan” dari permasalahan kita.

 

Demikian manfaat – manfaat curhat yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi teman – teman yang membaca. Apapun masalahnya teman – teman memiliki hak untuk tidak menceritakannya akan tetapi yang perlu diingat tidak sehat juga jika kalian sok kuat, dan mengabaikan emosi – emosi yang kalian pendam dan tumpuk karena sekuat apapun kalian tetap memiliki batas, sebaiknya kalian ceritakan dan luapkan kepada orang – orang yang tepat yang bisa anda percayai.

Yuk jaga Kesehatan mental kalian agar hidup lebih Bahagia ya guisee..

 

Saya Akmal, Human Capital Staff Young On Top

#KataHCkita

2 thoughts on “MANFAAT CURHAT UNTUK KESEHATAN MENTAL

  1. Ibnu says:

    Gimana caranya biar kita mudah atau merasa nyaman utk curhat sama org?
    Krn saya org yg introvert bgt, jd selama ini saya curhat sama kucing yg suka nongkrong d kantor saya.
    Makasi

    • Young On Top Indonesia says:

      bisa dimulai dengan curhat ke orang terdekat yang kakak merasa nyaman dan percaya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *