Cara Mempromosikan Produk di Sosmed. Ampuh Banget Nih!

cara mempromosikan produk di sosmed ampuh banget nih

Saat ini media sosial sudah banyak digunakan sebagai tempat untuk memasarkan suatu produk atau jasa tertentu. Promosi melalui media sosial tidak hanya terbatas pada informasi jual beli atau penawaran produk dan jasa dari sebuah brand saja. Tapi juga dalam berbagai bentuk konten, baik itu tulisan, video maupun gambar yang unik, kreatif dan menghibur tentang pengenalan brand produk atau jasa tersebut. Tujuannya agar brand lebih dikenal masyarakat luas sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Tips dari pak Riki Sonjaya supaya bisa berpikir kreatif!

Bagi YOTers pebisnis yang tertarik mempromosikan produk di sosmed, nih beberapa tips yang dapat membantu YOTers. Berikut pembahasannya.

Tips Promosi Melalui Media Sosial

 Meskipun promosi melalui media sosial merupakan suatu strategi bisnis yang tergolong praktis dan mudah dilakukan. Namun, YOTers tetap harus memahami strategi dalam menggunakan media sosial di tengah masyarakat modern sekarang ini.

YOTers terlebih dahulu mencari tahu mengenai ekspetasi seperti apa yang diharapkan masyarakat mengenai produk YOTers. YOTers juga harus lebih cermat dan kreatif di dalam menggunakan media sosial untuk melakukan promosi produk, sehingga harus mengetahui beberapa strategi yang tepat.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tips melakukan promosi menggunakan media sosial di bawah ini:

1. Menentukan Target Pasar

Sebelum memutuskan melakukan promosi di media sosial, YOTers harus menentukan target pasar terlebih dahulu. Jika YOTers masih di tahap awal berbinis usahakan memilih target pasar yang tidak terlalu luas, karena akan lebih mempermudah menjalankan strategi pemasaran.

Tentukan target pasar yang paling berminat dengan produk atau jasa yang YOTers tawarkan. Misalny, jika yang YOTers pasarkan adalah produk teknologi berharga mahal, maka target pasar yang sesuai adalah pebisnis maupun kalangan eksekutif muda yang dari segi pendapatannya cukup mapan.

2. Menentukan Jenis Media Sosial

Selain menentukan target pasar, YOTers juga harus memilih media sosial mana yang akan YOTers gunakan untuk promosi. Ada banyak pilihan media sosial seperti, instagram, twitter dan facebook. Namun, sebaiknya fokus pada penggunaan satu media sosial saja agar lebih mudah dan maksimal dalam mengelolanya.

Setiap media sosial memiliki karakteristiknya masing-masing yang bisa YOTers sesuaikan dengan strategi promosi YOTers. Misalnya, jika YOTers mengandalkan strategi komunikasi yang baik kepada pelanggan,Twitter merupakan pilihan terbaik. Atau jika YOTers ingin media sosial yang bagus untuk promosi usaha kecil, YOTers dapat memilih instagram.

3. Membuat Konten Kreatif

promosi lewat media sosial harus menggunakan konten yang kreatif.  Sebab, konten kreatif pasti menghibur dan dapat menarik banyak orang untuk melihat.

Mereka yang tertarik dengan konten tersebut, kemungkinan besar akan membagikan konten ke banyak orang terdekatnya. Kemudian orang terdekatnya juga akan melakukan yang sama, dan begitu setereusnya. Produk atau jasa yang ditawarkan pun jadi banyak dikenal. Hal ini sangat menguntungkan, karena membantu dalam hal promosi.

4. Membangun Komunikasi Efektif

Jangan pernah merasa bosan untuk membangun komunikasi yang efektif dengan followers di media sosial. Sebab, mereka adalah target pasar YOTers yang paling potensial. Pastikan rensponsif dalam menjawab pertanyaan atau membalas komentar seputar produk atau jasa yang ditawarkan. Komunikasi yang efektif akan meningkatkan rasa kepercayaan konsumen kepada sebuah brand, sehingga menumbuhkan minat untuk membeli.

Nah, itu dia beberapa tips mempromosikan produk di sosmed yang dapat YOTers terapkan. Penting untuk diingat, membuat akun media sosial untuk promosi bisnis tidak boleh asal-asalan. Dibutuhkan strategi yang tepat agar bisa menciptakan promosi efektif yang dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa YOTers.

Nih, ada tips lain untuk ngembangin bisnis menggunakan media sosial!

Untuk YOTers yang ingin membaca lebih banyak inspirasi mengenai dunia entrepreneur, yuk baca di sini!

Nah, untuk YOTers yang ingin mendengarkan podcast, menonton video, dan membaca lebih banyak artikel inspiratif dari berbagai narasumber yang berpengalaman di bidangnya, yuk bergabung di YOT premium member. Klik di sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *