Gatau Apa Passion Kamu? Nih, Cara Menemukan Passion

gatau apa passion kamu nih cara menemukan passion

Halo YOTers! Apa kabarnya nih? Semoga baik-baik saja ya! Nah, di artikel ini kita bakal ngebahas soal cara menemukan passion. Mungkin sebagian dari YOTers bertanya-tanya “Emang sepenting itu ya passion sampai dibahas gini?” jawabannya, passion itu penting banget loh, YOTers. Terutama, untuk kalian yang masih bingung menentukan arah untuk masa depan.

Tiba-Tiba galau mikirin masa depan? Mungkin YOTers memasuki masa Quarter Life Crisis. Apa sih artinya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Nih, ada baiknya kita nonton dulu tips dari pak Ade Akbar (Managing Director at Lowe Open Indonesia) mengenai cara menemukan passion.

Tapi belum semua orang bisa menemukan passion mereka lho. Mungkin juga, ada yang salah mengartikan bahwa hobi mereka merupakan passion. Nih, untuk YOTers yang ingin tau bagaimana cara menemukan passion, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Cara Menemukan Passion

1. Bedakan Hobi dan Passion

Sebelum membahas lebih jauh, ada yang harus YOTers ketahui nih, passion dan hobi itu gak sama loh. Passion adalah kosakata bahasa Inggris yang berarti gairah, nah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gairah berarti keinginan (hasrat, keberanian) yang kuat. Sedangkan, menurut KBBI hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

Atau, penjelasan sederhananya adalah passion membuat YOTers bersemangat untuk menjalani atau mempelajari sesuatu, bahkan dalam waktu yang lama. Sedangkan hobi hanya dilakukan dalam waktu senggang untuk sekedar refreshing.

2. Menggunakan Rasa Penasaran

Rasa penasaran dapat membantu YOTers untuk menemukan passion yang mungkin selama ini terpendam. Contohnya, YOTers penasaran dengan dunia digital marketing, lalu iseng belajar dari Youtube, semakin lama mempelajarinya YOTers malah semakin senang dan mempelajari lebih dalam lagi, atau bahkan mengikuti kursus digital marketing. Nah, itu berarti YOTers memiliki passion di dunia digital marketing. Intinya, gaada salahnya untuk YOTers mengulik hal yang ngebuat penasaran, siapa tau ujung-ujungnya malah ketemu passion yang selama ini tidak disadari.

3. Minta Masukan Orang Terdekat

Meminta masukan atau saran dari orang terdekat juga bisa ngebuat YOTers nemuin pasiion loh. Orang terdekat di sini bisa siapa saja, dari orang tua, teman, pacar, dan orang-orang terdekat lainnya. Tanyakan pada mereka mengenai hal atau kemampuan yang terlihat sangat menonjol dari YOTers. Setelah mendapat jawabannya, YOTers dapat langsung mencari tahu dengan melakukan riset atau mempelajari masukan dari orang terdekat YOTers.

4. Temukan Hal yang Ngebuat Kamu Senang Mengerjakannya Walau Tidak Dibayar

Nah, cara menemukan passion berikutnya mungkin terlihat tidak etis, namun poin ini benar adanya. Hal ini berarti kesenangan pribadi di dalam diri YOTers saat mengerjakannya, sehingga tidak masalah untuk mengerjakan atau mempelajari hal tersebut meskipun tidak dibayar sama sekali. Contohnya, YOTers senang memasak untuk keluarga atau untuk teman-teman saat berkumpul, bahkan YOTers rela untuk mencari resep-resep terbaik agar masakan YOTers terasa lebih enak. Tanpa disadari, YOTers telah menemukan passion yang sebenarnya adalah memasak.

5. Berani Mencoba

Nah, ini poin dan cara menemukan passion yang sangat tepat untuk menutup rangkaian penjelasan di atas. Percuma mempelajari caranya apabila YOTers tidak berani mencoba. Jangan takut gagal! Karena, kegagalan dapat menjadi sarana YOTers untuk belajar lebih banyak dan mengevaluasi langkah-langkah yang lebih tepat.

Nah, itu dia beberapa cara menemukan passion untuk YOTers yang mungkin masih bingung menemukan passionnya. Selamat mencoba, YOTers!

Pernah mengalamin catcalling? Rese ya! Nih, hal yang bisa kamu lakukan saat ada yang catcalling kamu!

Ingin membaca lebih banyak artikel inspiratif? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi dari pembicara dan tokoh yang berpengalaman dalam bentuk podcast, video, atau artikel? Yuk, bergabung di premium member Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *