Ikuti 5 Cara Berikut Agar Persiapan SBMPTN Kamu Mantap

persiapan sbmptn

Hai YOTers! Pasti saat ini beberapa dari YOTers sedang fokus belajar untuk persiapan SBMPTN, semangat ya YOTers! Semoga, apa yang dipelajarin bener-bener bisa dimengerti supaya lancar ujiannya dan diterima di PTN yang YOTers incar.  Amiin!

Masih galau nentuin jurusan kuliah nanti? Tenang aja! Nih, ada tips nya!

Nah, ada banyak cara yang bisa dilakuin biar persiapan SBMPTN nya makin mantep nih, YOTers! Apa aja sih? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Mengoptimalkan Persiapan SBMPTN

1. Persiapkan Semua yang Diperlukan di Hari H

Persiapan SBMPTN yang pertama ini mungkin terdengar sangat sederhana dan mudah dilakukan. Tapi, nyatanya poin pertama ini pernah menjadi penyebab kegagalan beberapa orang loh, YOTers. Lebih baik mempersiapkan semua yang dibutuhkan di hari H sejak jauh-jauh hari, dibandingkan buru-buru mempersiapkan kelengkapan saat hari H, bisa-bisa YOTers telat, atau saat tiba di tempat tes malah ada berkas yang ketinggalan.

2. Latihan Mengerjakan Soal-Soal

Saat ini sudah banyak sekali sumber-sumber prediksi soal SBMPTN. Akan sangat baik apabila YOTers banyak berlatih mengisi soal prediksi tersebut. Semakin banyak lebih baik, agar YOTers terbiasa dengan tipe-tipe soal yang diberikan.

3. Minta Tolong Kerabat

Heits, minta tolong kerabat di sini maksudnya bukan orang dalem loh ya. Maksudnya adalah meminta tolong kerabat yang mungkin sudah berhasil masuk Universitas Negeri pilihan untuk mengajarkan YOTers, memberi tips dan trik dalam mengerjakan soalnya. Atau, YOTers juga bisa mengikuti bimbingan belajar yang secara khusus dapat membantu YOTers untuk persiapan SBMPTN nanti.

4. Mengikuti Try Out Online

Seperti yang YOTers sudah ketahui, saat ini sudah banyak sekali platform edutech yang dapat memberikan YOTers try out online. Platform edutech seperti Zenius, RuangGuru, Pahamify dan lainnya menyediakan try out yang akan sangat membantu persiapan SBMPTN YOTers nantinya!

5. Mengatur Waktu

Nah, karena SBMPTN ini masih ada di tengah-tengah tahun pembelajaran, maka YOTers harus pinter-pinter mengatur waktu nih antara belajar SBMPTN dan tugas atau ulangan sekolah. Jangan karena terlalu fokus di satu tujuan, tujuan lainnya malah dilupakan.

Nah, itu dia YOTers, hal-hal yang dapat dilakukan untuk memantapkan persiapan SBMPTN nanti! Selamat dicoba, dan selamat belajar ya YOTers, semangat!

Pak Riki Sonjaya mau bagi-bagi tips nih tentang cara berpikir kreatif!

Ingin mendapatkan bacaan seputar tips dan trik atau bacaan inspiratif lainnya? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel, video, ataupun podcast dari narasumber yang berpengalaman? Yuk, bergabung menjadi premium member Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *