Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

cara mencapai financial freedom di usia muda

Halo, YOTers! Balik lagi di artikel paling inspiratif di Indonesia! Nah, sekarang kita bakalan ngebahas salah satu impian banyak anak muda di Indonesia nih, apa itu? Jawabannya adalah financial freedom.

Investasi saham udah ada, investasi apa lagi ya? Yuk, cari tahu di sini!

Selain membahas cara mencapai financial freedom di usia muda, yuk kita cari tahu dulu, financial freedom artinya apa sih? Simak penjelasan di bawah ini ya!

Financial Freedom Artinya Apa Sih?

Sederhananya, financial freedom berarti kita sudah memiliki tabungan yang cukup untuk menjalani kehidupan, ataupun gaya hidup sehari-hari tanpa perlu berharap pada gaji atau pendapatan dari usaha yang kita buka. Jika mau lebih disederhanakan lagi, financial freedom dapat diartikan sebagai “pensiun muda.”

Bagaimana Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda?

Nah, ada beberapa cara yang dapat YOTers terapkan untuk mencapai financial freedom di usia muda, seperti:

1. Belajar Mengatur Keuangan

Nah, untuk mencapai financial freedom di usia muda, YOTers harus belajar mengatur keuangan agar flow pengeluaran YOTers tidak berantakan dan berakhir menghabiskan semua pendapatan YOTers. Salah satu metode yang terbilang cukup efektif dan sudah dipraktekkan oleh banyak orang adalah metode 50-30-20, apa sih maksudnya?

Nah, metode 50-30-20 berarti YOTers harus menyisihkan pendapatan sebesar:

  • 50% untuk kebutuhan sehari-hari, seperti ongkos ke tempat kerja, makan sehari-hari, atau kebutuhan lainnya.
  • 30% untuk kesenangan atau keinginan diri sendiri, atau mungkin saat ini terkenal dengan “me time“. Nah, untuk jatah pengeluaran ini, YOTers bebas menghabiskannya untuk nongkrong bersama teman-teman, membeli barang-barang yang YOTers inginkan, atau mungkin jalan bersama pacar.
  • 20% untuk tabungan dan investasi. Untuk yang terakhir ini bisa dibilang pantang untuk diganggu. Karena, 20% ini yang akan memainkan peran terpenting supaya YOTers bisa mencapai financial freedom di usia yang muda. Oleh karena itu, pastikan selalu menyisihkan 20% dari pendapatan untuk ditabung, atau YOTers bisa mulai belajar berinvestasi sejak dini, dan mulai berinvestasi menggunakan jatah 20% dari pendapatan ini, tapi harus tetap diingat ya, jika YOTers ingin memulai berinvestasi, YOTers harus benar-benar sudah mempelajari dan mengerti tipe investasi apa yang ingin YOTers ambil.

2. Jauhkan Diri dari Hutang

Nah, poin kedua ini tidak kalah penting dari poin pertama. Jauhkan diri YOTers dari hutang-piutang, terutama saat ini banyak sekali platform yang menawarkan sistem pembayaran pay later yang perlu diakui memang sangat berhasil untuk menggoda kita, terutama di tanggal-tanggal tua. Sudah terlanjur memiliki hutang? Usahakan untuk melunasi semua hutang terlebih dahulu, baru fokus untuk mengejar financial freedom.

Sebelum berpikir kejauhan, perlu dijelasin dulu nih, gak semua hutang itu buruk kok, YOTers! Ada juga hutang yang baik, yang tentu saja memberi manfaat jangka panjang untuk kita, seperti pinjaman pendidikan yang dapat memperluas keahlian, atau pinjaman untuk tempat tinggal untuk aset YOTers. Nah, yang harus dihindari adalah pinjaman untuk membeli hp keluaran terbaru, padahal hp yang lama masih bagus dan masih sangat prima untuk digunakan.

3. Menambah Sumber Pendapatan

Merasa ngos-ngosan nabung? Jangan jatah nabungnya yang dikurangin, tapi sumber pendapatannya ditambah! Ingat yang dituliskan pada poin pertama di atas? Jatah tabungan pantang untuk diganggu, financial freedom kuncinya berada di tabungan. Jadi, daripada mengurangi tabungan, mending menambah sumber pendapatan. Apalagi, di zaman sekarang yang sudah semakin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara mobile. Pada akhirnya, semua kembali lagi ke diri kita nih, YOTers, apakah kita hanya akan bermalas-malasan dan malah ngeruk tabungan, atau berusaha lebih keras untuk mendapatkan hasil terbaik.

Itu dia, YOTers, beberapa cara supaya kita dapat mencapai financial freedom di usia muda. Yuk, mulai saat ini kita sama-sama berusaha untuk mencapai financial freedom di usia muda!

Covid-19 bikin keuangan kacau! Bagaimana sih cara mengatur keuangan di pandemi ini? Yuk, liat jawabannya di sini!

Ingin membaca lebih bacaan inspiratif? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

Selain artikel, akan ada konten seru dan inspiratif lainnya dalam bentuk podcast serta video! Tunggu apa lagi YOTers? Yuk, bergabung! premium member Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *