Cara Manajemen Waktu ala Ongki Saputra

cara manajemen waktu ala ongki saputra

Halo YOTers! Kembali lagi nih di artikel #AskMentor. Artikel yang akan membahas pertanyaan-pertanyaan seputar karir sampai dengan leadership yang masuk di aplikasi Social Connext, dan jawaban dari mentor-mentor yang memiliki segudang pengalaman.

Baru lulus kuliah terus bingung mau nulis apa aja di cv? Nih, pak Bayu Janitra (CEO Top Karir) punua tips untuk kamu!

Nah, hari ini Pak Ongki Saputra (COO Office Traveloka) akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari YOTers nih! Pertanyaan apa aja sih? Pasti penasaran kan? Yuk, simak di bawah ini!

1. Cara Manajemen Waktu yang Baik

Manajemen watu yang baik dimulai dari kedisiplinan diri sendiri. Dan, tentunya untuk memulainya bisa dari hal-hal yang kecil, misalnya:

  • Sebelum memulai aktivitas, buat to-do-list untuk hari itu. To-do-list ini berisi apa yang akan kalian kerjakan di hari itu dan langkah-langkah apa yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
  • Buatlah rencana paling tidak selama seminggu ke depan di awal minggu. Gunakan tools yang sudah tersedia secara gratis. Misalnya: Saya sering menaruh jadwal meeting dan deadline pekerjaan saya di Google Calendar. Ini membuat saya selalu mengingat deadline dan jadwal saya dengan baik, dan pekerjaan juga tidak bertumpuk.
  • Jangan menunda pekerjaan yang bisa diselesaikan di hari itu, karena yang namanya pekerjaan itu tidak akan pernah selesai, semakin ditunda, maka akan semakin banyak yang menumpuk.

2. Strategi untuk Mendapatkan Career Path yang Baik untuk Mahasiswa yang Baru Lulus Kuliah di Usia 25 Tahun?

Perhatikan beberapa hal ini sebelum memilih jenis pekerjaan/perusahaannya:

  • Apakah posisi yang dilamar sudah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki? Contohnya, pasti tidak tepat apabila YOTers mendaftar sebagai software engineer tapi latar belakang pendidikannya adalah kedokteran.
  • Persiapkan diri dengan baik, dari saat mengirimkan CV, pastikan CV sudah rapih dan lengkap. Serta, harus selalu responsif dalam berkomunikasi dengan pihak HRD.
  • Banyak sekali orang yang harus berkali-kali melamar, baru bisa mendapatkan pekerjaan. Jadi, tidak perlu berkecil hati ketika tidak diterima.

Perusahaan yang baik tentunya akan mencari kandidat yang baik dengan kemampuan yang sesuai. Usia biasanya juga tidak menjadi faktor penentu atau deal breaker, selama kemampuannya mumpuni. Jadi, jangan patah semangat dan terus berusaha!

3. Apabila Anggota Team Tidak Patuh dan Melawan Berkali-kali, Harus Bagaimana?

Menurut saya, yang penting di sini adalah untuk mencari tahu alasan mengapa dari anggota tim tidak patuh/melawan berkali-kali. Untuk bisa memiliki tim dengan dinamika yang baik dan positif, harus terbiasa untuk mengadakan open communication antara anggota tim dan manajernya. Hal penting yang sering terlupakan oleh seorang manajer biasanya adalah waktu untuk mendengarkan keluh kesah dari anggota timnya. Selain itu, ketika seorang manajer memberikan tugas/tanggung jawab, harus pula disertai dengan memberikan konteks yang jelas. Tanpa kedua hal tersebut, biasanya akan timbul ketidakpuasan dari anggota tim yang ujung-ujungnya berimbas pada performa mereka dan akan selalu ada bantahan-bantahan yang dilontarkan.

Tapi, tentu saja akan ada kasus di mana memang ada orang-orang di dalam perusahaan yang memiliki etika yang tidak baik. Jika demikian, harus diadakan diskusi bersama HRD mengenai proses yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, misalkan memberikan peringatan lisan, atau mungkin mengeluarkan surat peringatan. Namun, hal tersebut tentu saja harus didasarkan pada aturan perusahaan tersebut dan tidak menyalahi UU Ketenagakerjaan.

4. Apakah Memiliki Banyak Passion akan Mempersulit Purpose Hidup?

Menurut saya, justru dengan banyak passion, hidup jadi tidak membosankan. Jadi, bukannya mempersulit, tapi justru memperkaya nilai kita sebagai manusia.

5. Tips Mengikuti Psikotest Supaya Berhasil?

Ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan, seperti:

  • Coba lihat contoh-contoh soal psikotest perusahaan yang ada secara online dan coba pelajari terlebih dahulu sebelum melakukan psikotest yang sesungguhnya. Walaupun di hari H jenis soalnya berbeda, tapi paling tidak kamu sudah lebih terbiasa dan tidak kaget/nervous, sehingga bisa menjawab dengan lebih baik.
  • Pastikan istirahat yang cukup dan dalam kondisi yang segar ketika menjalani psikotest. Pada dasarnya, psikotest memerlukan konsentrasi dan bisa menguras tenaga. Jadi, dengan menjaga tubuh pada kondisi yang prima, diharapkan hal tersebut bisa membantu menjalani tes dengan lebih baik.
  • Be Yourself! Ini penting sekali, karena tujuan dari psikotest ini juga untuk menilai kecocokan karakter yang dimiliki ke perusahaan dan jabatan yang ditawarkan. Jadi, jangan berbohong dan menjawab hanya karena merasa “mungkin yang ini lebih tepat untuk perusahaan” tapi tidak mencerminkan karakter kamu yang sesungguhnya.

Itu dia YOTers beberapa pertanyaan yang sudah dijawab oleh pak Ongki Saputra! Semoga bisa menambah insight untuk YOTers dalam berkarir ya!

YOTers punya pertanyaan seputar bisnis ataupun karir tapi gatau mau nanya ke siapa? Jangan khawatir! Sekarang YOTers bisa langsung bertanya kepada mentor-mentor yang memiliki puluhan tahun pengalaman di dunia bisnis seperti pak Ongki Saputra! Bagaimana caranya? YOTers bisa langsung gunakan fitur ask mentor di aplikasi Social Connext yang bisa YOTers download di sini!

Selain fitur ask mentor, YOTers juga bisa mendengarkan berbagai podcast inspiratif atau membaca berbagai artikel inspiratif yang ada di dalamnya, YOTers juga bisa ikut trivia berhadiah poin yang dapat YOTers tukarkan dengan merchandise keren!

Untuk kalian yang belum tahu aplikasi Social Connext, yuk nonton video di bawah ini!

Gimana ya cara berpikir kreatif? Pak Riki Sonjaya (COO Young On Top) punya jawabannya untuk kamu!

Nantikan artikel #AskMentor lainnya ya! Ingin mendapatkan bacaan seputar entrepreneurship atau bacaan inspiratif lainnya? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel, video, ataupun podcast dari narasumber yang berpengalaman? Yuk, bergabung menjadi premium member Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *