Cara Buat Iklan di Google untuk Usaha Kamu!

cara buat iklan online untuk usaha kamu

Halo, YOTers! Ada berapa nih dari kalian yang punya usaha online? Online di sini bukan cuma dari media sosial loh ya. Online di sini berarti YOTers sudah memiliki website yang digunakan untuk jualan.

Cara meningkatkan omset penjualan UMKM gimana sih? Yuk, baca di sini!

Kenapa sih harus bikin website untuk jualan? Ada beribu-ribu alasan mengapa YOTers harus memiliki website, salah satunya adalah dengan memiliki website, mempromosikan usaha menjadi lebih gampang, apalagi jika YOTers menggunakan fitur promosi atau ads yang disediakan oleh Google. Mau tau gimana caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Cara Buat Iklan di Google Ads

Berikut merupakan langkah pemasangan iklan di Google

1. Melakukan Registrasi di Google Ads

Cara buat iklan di Google  pertama yang perlu YOTers lakukan ialah dengan melakukan registrasi atau pendaftaran di google ads. Utamakan bisnis YOTers telah memiliki website profesional supaya lebih terpercaya dan tentunya agar pemasaran menjadi lebih efektif. Karena nantinya di kolom formulir Google Ads, YOTers pun akan diminta mengisikan alamat website.

2. Menyiapkan Iklan Pertama

YOTers sudah bisa menyiapkan iklan pertama yang hendak ditayangkan. Di kolom Google Ads sudah tersedia poin apa saja yang perlu diisi. Beberapa di antaranya ialah penentuan anggaran harian maksimal, memilih target pemirsa biasanya berdasarkan target wilayah, memilih jaringan iklan dan kata kunci, menentukan bidding, dan menuliskan iklan.

3. Menyiapkan detail penagihan

Selanjutnya YOTers bisa memasukkan detail penagihan pembayaran. Pengisiannya cukup mudah. Hanya perlu memperhtikan beberapa hal seperti negara dan zona waktu, info pelanggan, cara pembayaran (manual atau otomatis), metode pembayaran, dan centang persetujuan

4. Pastikan Iklan Sudah Tayang

Langkah terakhir dari cara buat iklan di Google ialah dengan memastikan iklan sudah tayang. Pastikan status iklan sudah disetujui dengan melihat pada dashboard dan saldo masuk. Jika saldo telah masuk berarti iklan akan segera tayang.

Praktik Iklan di Google Terbaik

Selain cara buat iklan di google, YOTers juga harus belajar cara mengoptimalkan iklan di Google ads.

1. Membuat Halaman Landing yang Jelas

landing page merupakan URL atau haaman yang akan dikunjungi oleh pelanggan setelah ia mengklik iklan. Landing page memang didesain khusus untuk marketing. Karena itu sangat penting untuk membuat landing page yang jelas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat halaman landing yakni menyertakan kebijakan pengembalian produk dan pengembalian dana yang jelas, menampilkan harga kotor (termasuk PPN) dengan detail, dan gunakan microdata untuk menunjukkan harga kotor untuk memastikan google bisa menemukan haga yang akurat.

2. Cantumkan Harga Tertinggi

Harga yang dicantumkan sebaiknya adalah harga tertinggi (penambahan harga PPN). Jadi meskipun pelanggan tidak memungkinkan untuk membayar PPN, YOTers tetap perlu meginformasikan harga yang sudah termasuk PPN.

3. Perhatikan Proses Pembayaran

Untuk melindungi data pelanggan, YOTers perlu membuat proses pembayaran yang aman (pastikan sudah dilindungi sertifikat SSL) dan jangan lupa untuk mencantuman nilai pesanan minimum di setelan pengiriman.

4. Cantumkan Biaya Pengiriman

Optimalkan informasi biaya pengiriman dengan jelas supaya pelanggan tidak kebingungan saat akan membeli produk YOTers. Jika perlu sertakan pula biaya pemroresan dan asuransi  serta jumlah pajak dengan detail. Jadi pelanggan tidak kebingungan saat akan membayar

Untuk membangun model promosi dengan baik, maka YOTers perlu menerapkan cara buat iklan di google dan mempraktikkan optimalisasi iklan di atas. Dengan demikian, proses promosi usaha YOTers bisa berjalan dengan efektif. Semoga bermanfaat!

Mau tau cara mempromosikan produk di sosmed yang ampuh banget? Nih, simak di sini!

Untuk YOTers yang ingin membaca lebih banyak inspirasi mengenai dunia entrepreneur, yuk baca di sini!

Nah, untuk YOTers yang ingin mendengarkan podcast, menonton video, dan membaca lebih banyak artikel inspiratif dari berbagai narasumber yang berpengalaman di bidangnya, yuk bergabung di YOT premium member. Klik di sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *