Jenis dan Genre Game yang Jarang Diketahui

jenis dan genre game yang jarang diketahui

Halo YOTers! Pasti kita semua setuju, untuk mengatasi rasa bosan setelah seharian berkegiatan atau mungkin untuk mengisi waktu di akhir pekan, pasti bermain game menjadi salah satu pilihan.

Manfaat main game? Emang ada? Apa aja sih? Yuk, simak di sini!

Nah, mungkin belum banyak YOTers yang mengetahuinya, bahwa ternyata game-game yang biasa kita mainin juga ada jenis dan genre nya masing-masing loh! Penasaran? Yuk, kita simak penjelasan di bawah ini!

Jenis-Jenis Game

Nah, untuk jenis-jenis game biasanya dibagi berdasarkan alat atau device yang kita gunakan saat bermain, seperti:

1. Arcade Games

Arcade games biasanya tersebar di pusat perbelanjaan di sekitar daerah YOTers, mungkin YOTers mengetahui beberapa nama besar penyedia arcade games seperti Timezone, Fun World, dan lain sebagainya. Mesin permainan yang disediakan juga beragam, dari mesin permainan tembak-tembakan, bahkan ada juga yang menyediakan roller coster.

2. PC Games

PC (Personal Computer) games. Seperti namanya, PC games pasti terdapat di rumah, mungkin YOTers ada yang memilikinya. Nah, game yang tersedia untuk PC sampai saat ini jumlahnya sudah sangat banyak, dan masih akan terus bertambah. Untuk PC nya sendiri pun memiliki keunggulan dibandingkan device lainnya, karena fitur hardware dan software PC seperti RAM (random access memory), prosesor dapat terus diganti dan diupgrade, sehingga untuk mereka yang memiliki PC games tidak perlu mengganti device nya secara keseluruhan.

3. Console Games

Jenis game yang dimainkan menggunakan console. Sebagian dari YOTers mungkin hanya mengenal jenis console dari Playstation yang bisa dibilang sudah menjadi rajanya console di dunia, apalagi Playstation baru saja mengeluarkan device terbarunya, yaitu Playstation 5 yang sejak pertama kali release pada 12 November 2020 sudah terjual sebanyak 4.5 juta unit pada 31 Desember 2021. Tapi, tahukah YOTers bahwa selain Playstation, ada merek console lainnya loh, seperti Nintendo Wii, Sega, dan X Box.

4. Handheld Games

Seperti namnya, handheld game berukuran kecil seperti ponsel, dan dapat dibawa ke mana-mana. Rata-Rata perangkatnya merupakan bentuk kecil dari console yang berukuran lebih besar, untuk game nya pun sebagian besar sama, meskipun ada beberapa game yang exclusive hanya untuk perangkat handheld. Nintendo DS, Nintendo Switch, Sony PSP, Wii U, dan lainnya, yang mungkin sebagian dari YOTers sudah memiliki perangkatnya, atau pernah mendengarnya.

5. Mobile Games

Nah, untuk jenis game terakhir adalah mobile games jenis game yang dapat dimainkan di ponsel kita masing-masing. Pasti kita semua mengetahui dan pernah bermain di ponsel kan? Apa lagi, saat ini sudah banyak sekali game-game baru yang keluar di ponsel. Tidak heran saat ini banyak sekali orang yang bermain game di ponsel karena kemudahan dalam mengaksesnya.

Genre Games

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis game sesuai device nya, sekarang kita bakal ngebahas genre nya nih, YOTers. Disimak ya!

1. FPS (First-person Shooter)

Genre FPS atau frist person shooter kebanyakan terdapat pada game yang melibatkan peperangan dengan senjata api, seperti Point Blank, Call of Duty, Counter StrikeValorant,  dan lainnya. Banyak orang yang menyukai genre game FPS karena memacu adrenalin, ceritanya yang mendalam, atau karena terkesan lebih kompetitif.

2. RTS (Real Time Strategy)

Game RTS atau Real Time Strategy memungkinkan YOTers untuk menyusun strategi untuk mengalahkan musuh. Mungkin kebanyakan dari YOTers mengenal salah satu game RTS yang sudah sangat melegenda, yaitu Age of Empires. Dengan daya tarik membangun peradaban dan pasukan untuk menginvasi atau mempertahankan daerahnya, fans dari game bergenre RTS tidak pernah mati!

3. RPG (Role-playing Game)

Game RPG memungkinkan pemainnya untuk mengontrol karakter yang dipilih ataupun dibuat. Game-Game seperti Franchise Assasin’s Creedfranchise Final Fantasy dan masih banyak contoh lainnya merupakan contoh dari game RPG.

4. MMORPG (Massive Multiplayer Online Role-playing Game)

MMORPG merupakan sub-genre dari RPG. Muncul dikarenakan pertumbuhan komunitas game online yang semakin masif. Gameplay sama seperti genre RPG, namun yang membedakan adalah MMORPG memungkinkan YOTers untuk bermain bersama pemain lain secara online, YOTers dapat membentuk guild, atau PVP (Player Versus Player). Game-Game seperti Dragon Nest, atau mungkin Ragnarok Online.

5. MOBA (Multiplayer Online Battle Arena)

MOBA memungkinkan YOTers berkelompok atau berkompetisi bersama Player lain di dalam satu map yang sama. Nah, beberapa game yang saat ini sedang naik daun seperti Mobile Legend, atau Dota 2.

Resep makanan sehat yang lezat dan murah? Emang ada? Simak artikel berikut!

Ingin membaca lebih banyak artikel invo trivia? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi dari pembicara dan tokoh yang berpengalaman dalam bentuk podcast, video, atau artikel? Yuk, bergabung di premium member Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *