Seberapa Akurat Sih Ramalan Zodiak?

seberapa akurat sih ramalan zodiak

Apakah YOTers percaya dengan ramalan? Berbicara masalah ramalan, di Indonesia sendiri ternyata udah banyak banget loh jenis-jenis ramalan yang ramai di kalangan anak muda, seperti yang dulu pernah ramai diantaranya ramalan primbon yang ramai di iklan televisi, ramalan kartu tarot, dan lainnya. Nah, hari ini kita bakal ngebahas tentang salah satu ramalan yang masih ramai dari awal tahun 2000an sampai saat ini, yaitu ramalan Zodiak!

Jago ngomong banyak bahasa? Berarti kamu Poligot! Apa sih Poligot itu? Yuk, baca di sini!

Nah, sebelum membahas akurasinya, yuk kita ngebahas sejarah singkat dari ramalan Zodiak! Tahukah YOTers? Awal mula astrologi itu dibuat oleh bangsa Mesir kuno, yang selanjutnya bangsa Yunani kuno mematenkan 12 nama-nama zodiak yang sampai saat ini bertahan seperti Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Carpicorn, Aquarius, dan Pisces. Zodiak-Zodiak itu dibuat oleh suku babel, yang memang terkenal suka menyembah benda-benda langit, dan meyakini mereka sebagai dewa dewi yang memprediksikan masa depan melalui pergerakan materi di langit.

Setelah mengetahui sejarah singkatnya, yuk kita masuk ke bahan pembahasan utama, seberapa akurat sih ramalan zodiak itu? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Tingkat Akurasi Ramalan Zodiak

Mengenai tingkat akurasi dari ramalan zodiak, Psikologi Forensik Klinis Aditya Kasandra Putranto mengatakan ramalan zodiak yang saat ini ramai merupakan fenomena Barnum Effect.Aditya Kasandra Putranto juga menambahkan bahwa Barnum Effect ini dapat memberikan dampak yang buruk bagi psikologis kita, karena rawan manipulasi dan penipuan.

Apa sih Barnum Effectitu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Barnum Effect?

Barnum Effect terjadi saat seseorang yakin bahwa sebuah deskripsi (dalam hal ini kepribadian tertentu) tertuju pada dia. Padahal, deskripsi tersebut itu berlaku untuk semua orang, atau bahasa gaulnya ya kegeeran kali ya?

Contoh:

Ramalan Virgo hari ini: Kamu harus sering-sering menabung! Hati-Hati keuangan kamu dapat terganggu kalau kamu terlalu boros!

Ramalan Taurus hari ini: Kamu harus hati-hati dalam berucap! Jangan sampai orang terdekat kamu malah pada menjauh.

Kalimat di atas merupakan kalimat yang netral atau memang berlaku untuk semua orang. Tapi, jangan salah YOTers,

Barnum Effectini dapat menimbulkan pengaruh buruk loh untuk YOTers, seperti jadi terbiasa menghabiskan banyak waktu untuk mencari petuah-petuah atau nasihat sesuai dengan apa yang diinginkan. Pengaruh buruk lainnya adalah karena sudah terlalu percaya, kemudian menerima informasinya mentah-mentah tanpa disaring terlebih dahulu, atau bisa juga menolak saran yang benar-benar objektif mengenai sesuatu karena sudah terlalu percaya dengan zodiak. Barnum Effectjuga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan loh, seperti yang sering terjadi saat ini ketika memilih pasangan “Ah, kita gak cocok! Kamu Gemini, aku gak suka sama Gemini.” padahal dia belom pernah ngobrol lebih jauh sama calon pasangannya.

Barnum Effectini bukan hanya digunakan pada ramalan zodiak aja loh, masih banyak hal lain yang menggunakan Barnum Effect, seperti ramalan menggunakan kartu tarot, bahkan sampai dengan musik. “Hah? Musik? Emang iya?” Iya, benar! Pernah gak YOTers mendengarkan suatu lagu, dan karena lirik nya yang sesuai banget dengan perasaan YOTers, sampai YOTers berpikir kalau lagu itu buat YOTers? Nah, perasaan tersebut merupakan Barnum Effect.

Jadi kesimpulannya adalah, ramalan zodiak itu menggunakan kalimat yang netral atau general atau bisa dibilang kalimat yang berlaku untuk semua orang, bukan tertuju ke orang-orang dengan zodiak tertentu saja. Nah, jadi gimana? Apakah kita masih boleh membaca-baca ramalan zodiak? Ya, tentu saja masih boleh! Tapi, YOTers harus tetap ingat ya jangan dibawa serius, anggap aja lucu-lucuan. Jangan sampai ramalan zodiak malah menjadi tolak ukur YOTers untuk mengambil suatu keputusan, bisa bahaya!

Dapat cuan dari hobi main game? Emang bisa ya? Caranya gimana sih? Yuk, baca di sini!

Ingin membaca lebih banyak artikel info trivia? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi dari pembicara dan tokoh yang berpengalaman dalam bentuk podcast, video, atau artikel? Yuk, bergabung di premium member Young On Top di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *