“TUSTEL (KAMERA ANALOG)” Barang Tua yang Kembali Tren

Era digital memang memudahkan kita semua dalam berkarya. Namun, banyak dari beberapa kalangan yang masih percaya dengan barang – barang “Jadul” yang sifatnya masih analog. Salah satunya ada didunia fotografi. Jika yang kita kenal sekarang banyak sekali kamera canggih dari yang harganya murah hingga mahal, namun ada beberapa kalangan yang masih menyukai kamera analog yang menggunakan film ataupun tustel yang sama sama menggunakan film.

Tustel dan kamera analog kini kembali menjadi tren karena banyak orang yang berpendapat bahwa rasa menggunakan tustel atau kamera analog berbeda dengan menggunakan DSLR atau kamera yang diciptakan pada era digital. Effort dalam penggunaannya yaitu mulai dari memasang film, menjaga agar ruang film tetap bersih dan dilarang untuk membuka ruang film ketika film ada didalamnya menjadi hal hal kecil yang dirasa masih seru untuk dilakukan karena tidak instan. Kita juga tidak bisa melihat hasil jepretan kita berbeda dengan dalam penggunaan kamera DSLR.

Tiap-tiap film pun punya karakternya masing-masing. Bagi kamu yang ingin menggunakan kamera analog tentu saja kamu perlu mengetahui roll film apa yang pas untuk digunakan. Ada 3 jenis film yang digunakan untuk kamera analog, Film hitam-putih tradisonal (B&W), film negatif warna (color), Film Positif (E-6 slide). Berikut rekomendasi roll film untuk pemula:

1. Kodak Color Plus 200
Kodak color pluss 200 ini memliki tone natural, dan cocok di segala kondisi baik indoor maupun outdoor. Kodak color plus 200 ini di jual dengan harga kisaran Rp 80-90 ribu.
2. Fujicolor C200
Fujicolor C200 adalah salah satu film yang wajib kamu coba saat bermain analog, selain harganya yang sangat murah fujicolor C200 tone yang di hasilkan sangat natural dan warm. Fujicolor C200 di jual dengan harga kisaran Rp 80-85 ribu.
Roll film yang tersedia juga ada berbagai macam sesuai dengan format kamera yang digunakan. 35mm adalah format kamera yang biasa digunakan untuk tustel, lalu ada format film 110mm dan 120mm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *