Selain Atlet Esport, Ini dia Pilihan Karir untuk Kamu yang Doyan Game!

atlet esport

Skema gaming di Indonesia beberapa tahun ini sedang naik daun! Dari game handphone, sampai dengan  pc (Personal Computer). Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi perkembangan dunia gaming di Indonesia, seperti semakin banyak munculnya game-game baru yang seru, grafik game yang semakin halus, dan lain sebagainya. Tapi, salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah semakin banyak game yang diperlombakan dengan hadiah yang sangat besar, oleh karena itu banyak sekali anak muda yang ingin menjadi atlet Esport.

Jenis-Jenis dan genre game yang ternyata belum kamu ketahui!

Menjadi atlet Esport memiliki daya tarik yang cukup tinggi bagi anak muda yang memiliki hobi bermain game. Selain karena pendapatan yang tinggi, menjalankan hobi bermain game sebagai pekerjaan merupakan motivasi terbesar mereka untuk menekuni dunia Esport. Tapi jangan salah YOTers, tingginya antusias menjadi atlet Esport berarti akan sangat banyak bermunculan saingan-saingan baru yang tentunya dapat menutup kesempatan menjadi atlet Esport.

Pilihan Karir di Dunia Game Selain Menjadi Atlet Esport

Nah, ternyata masih banyak loh pekerjaan lain untuk YOTers yang tetap ingin berkecimpung di dunia game selain menjadi atlet Esport. Apa saja sih? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. Jurnalis Game

Selain menjadi atlet Esport, YOTers yang memiliki passion di dunia game juga bisa menjadi Jurnalis game. “Gimana sih kerjaannya jurnalis game? Pasti ngebosenin deh!” Heits, jangan salah YOTers! Jurnalis game memiliki role terpenting di dalam skema gaming, terutama Esport! Jadi, contohnya ada game baru yang rilis, pasti jurnalis game lah yang pertama kali diundang dalam perilisan game tersebut, bahkan mencoba game tersebut untuk pertama kali dengan tujuan agar perilisan game tersebut dapat menjadi berita yang dapat dibaca oleh khalayak umum. Nah tugas seorang jurnalis game adalah membuat beritanya.

Di kancah Esport, seorang jurnalis game bahkan memiliki tempat khusus dan berkesempatan mewawancarai para atlet Esport yang sudah bertanding di balik panggung. Nah, gimana YOTers, seru kan?

2. Komentator (Caster) Esport

Pasti YOTers pernah menonton pertandingan sepak bola atau bola basket bukan? Nah, selain menonton pertandingannya pasti YOTers juga mendengarkan komentator yang terus-menerus berbicara bahkan ada yang sampai teriak-teriak agar penonton yang menonton dapat terhibur. Nah, tugas seorang komentator di kancah Esport juga memiliki tugas yang sama, apalagi jika pertandingannya membosankan, tugas seorang komentator adalah untuk membangun mood para penonton yang menyaksikan pertandingan.

Selain itu, seorang komentator atau caster di dalam dunia Esport juga memiliki tugas untuk memberikan analisis atau prediksi sebelum atau sesudah pertandingan Esport berlangsung. Di indonesia sendiri mungkin YOTers mengenal Gisma ‘Melon’ Priayudha seorang caster kawakan di dalam cabang Esport Dota 2.

Gimana sih caranya menjadi komentator atau caster di dunia Esport? Caranya bisa dengan mendaftar di salah satu tim Esport yang memang sedang membuka lowongan untuk posisi caster. Atau, selain itu juga YOTers dapat membuat akun di platform yang menyediakan fitur live streaming seperti Youtube atau mungkin Twitch, setelah itu YOTers dapat mencoba menjadi komentator di beberapa pertandingan Esport dan menyiarkannya di akun live streaming yang sudah YOTers buat.Tapi, pastikan untuk tetap konsisten sampai YOTers mendapatkan banyak penonton tetap ya, dengan cara seperti itu YOTers dapat diundang untuk menjadi caster di pertandingan-pertandingan Esport nasional, bahkan internasional loh

Tapi, untuk menjadi caster, pastikan YOTers memiliki kemampuan untuk berbicara dengan artikulasi yang jelas dan tentunya memiliki pengetahuan mendalam mengenai cabang-cabang game Esport ya!

3. Youtuber Gaming

Selain menjadi atlet Esport, menjadi Youtuber gaming juga dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat YOTers tempuh. Nah, untuk YOTers yang memiliki hobi bermain game dapat mencoba untuk merekam permainan YOTers dan merekamnya di Youtube. Atau, mungkin YOTers sudah mendapatkan pengakuan dari teman-teman bahwa YOTers lah yang paling jago di dalam suatu game, nah YOTers dapat mencoba membuat konten tutorial cara memainkan game tersebut, lalu mengunggahnya di Youtube.

Nah, itu dia YOTers pilihan karir di dunia game selain menjadi atlet Esport!

Selain berkarir di dunia gaming, memainkan game Top Match dari maingame.com bisa memberikan hadiah untuk YOTers ratusan ribu rupiah setiap minggunya! Penasaran? Yuk, mainkan game nya dengan mengklik gambar di bawah ini!

yot top match

Yuk, tunggu apa lagi? Mainkan sekarang dan dapatkan hadiah ratusan ribu rupiah setiap minggunya!

Saat ini kamu sebenarnya bekerja atau berkarya? Yuk, cari tahu di sini!

Ingin membaca lebih banyak artikel soal karir? Yuk, kunjungi blog Young On Tip di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi dari pembicara dan tokoh yang berpengalaman dalam bentuk podcast, video, atau artikel? Yuk, bergabung di premium member Young On Top di sini!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *