Ramadan dan Memori

Ramadan memang menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim dunia karena dalam bulan Ramadan banyak sekali keberkahan yang bisa didapatkan. Serta bulan Ramadan menjadi bulan gudangnya pahala. Tentu saja, tiap Ramadan tiba banyak sekali memori yang dapat terkenang bagi umat muslim khususnya di Indonesia, entah itu perihal Makanan, Riuh kala sahur dari toa’ Masjid, Ramainya penjual takjil dan masih banyak memori yang bisa kembali dirasakan kala bulan Ramadan tiba.

Tahun ini menjadi tahun kedua kita kembali bertemu dengan Ramadan disaat Pandemi seperti ini, Tahun lalu, kita pertama kali merasakan untuk Tarawih dirumah serta apa yang kita lakukan mesti dari rumah masing-masing, namun karena telah setahun lebih Pandemi kita rasakan, pemerintah juga mulai memberlakukan aturan bahwa kita dapat mengikuti Tarawih berjamaah di Masjid dengan mengikuti Prokes (Protokol Kesehetan).

Namun, Ramadan kian berbeda kalau yang merasakan adalah seseorang yang tengah berada di perantauan, dimana jauh dengan keluarga dan makan yang apa adanya. Mungkin ada yang tengah merantau dikarenakan sekolah, kuliah, kerja di luar kota dan lainnya. Akan selalu banyak hal yang di rindukan kala Ramadan bersama keluarga. Biasanya kala sahur dibangunkan oleh suara riuh keluarga yang mulai ngobrol dan mempersiapkan hidangan untuk sahur, apalagi kita menjelang berbuka puasa, seluruh keluarga berbagi tugas, ada yang mencari takjil, ada yang menyiapkan alat makan, ada yang membantu Ibu untuk membuat hidangan, tentunya hal ini yang di rindukan oleh seseorang yang tengah berada di perantauan.

Biasanya untuk meminimalisir kerinduan seperti ini, banyak hal yang bisa dilakukan oleh anak rantau, entah itu menelpon ketika sahur ataupun sebelum berbuka puasa, obrolan yang sederhana tampaknya bisa meredakan kerinduan ada ditengah-tengah keluarga.

Untuk kamu yang tengah berada di perantauan, kalian hebat! Semoga dilancarkan puasanya ya!

***

Untuk baca artikel lainnya yang pernah ditulis bisa klik disini ya!

@ruhdi7

Kalau kamu suka dengan artikel ini silakan tulis di kolom komentar apa yang kamu dapatkan dari artikel ini ya

Dan jangan lupa untuk ikuti aku di Instagram juga, mari berteman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *