Ingin Merintis Usaha Baru? Perhatikan 4 Hal Ini!

Membuka usaha merupakan pilihan yang cukup menggiurkan namun memiliki banyak sekali rintangan. Salah satu rintangannya adalah banyaknya saingan-saingan baru yang bermunculan, sehingga kita yang sedang merintis usaha baru harus terus memutar otak agar dapat menyusul para pesaing.

3 UMKM dari Indonesia dengan perkembangan yang pesat! UMKM apa aja sih? Yuk, baca di sini!

Nah, Untuk YOTers yang sedang menyusun rencana merintis usaha baru, ada 3 hal penting nih yang harus diperhatikan, apa aja sih? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Merintis Usaha Baru

1. Membangun Bisnis yang Bernilai

Seberapa berpengaruh bisnis rintisan YOTers untuk orang-orang. Pikirkan apa saja manfaat dari bisnis yang YOTers jalankan untuk masyarakat sekitar. Bisnis yang memiliki nilai tinggi, tentunya akan menjadi bisnis jangka panjang atau bertahan lama.

2. Cari Ide Usaha yang Memecahkan Masalah Sekitar

Sebelum merintis usaha baru, coba terlebih dahulu melihat lingkungan sekitar, cari apa masalah yang muncul, lalu pikirkan lah ide-ide terbaik yang bisa YOTers terapkan di dalam usaha yang akan didirikan.

Atau, YOTers bisa melihat usaha pesaing, coba perhatikan struktur nya, atau strategi yang mereka terapkan, jika memang ada masalah di dalamnya, coba pecahkan masalahnya, dan terapkan di dalam bisnis yang ingin YOTers jalankan.

3. Buat Usaha yang Dapat Memperbaiki Kehidupan Orang Lain

Tingginya tingkat pengangguran, ditambah lagi dengan munculnya pandemi Covid-19 menyebabkan banyaknya orang yang membutuhkan pekerjaan baru. Dengan merintis usaha baru, berarti kamu juga sudah berpartisipasi dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, dan yang terpenting adalah kamu bisa memperbaiki kehidupan orang lain.

Jangan khawatir, meskipun usaha kamu baru buka, beranikan diri untuk memperkerjakan satu atau dua karyawan, tidak perlu banyak-banyak. Seiring berjalannya waktu, semakin besar usaha yang kamu jalankan, baru tambahkan jumlah karyawan.

4. Memanfaatkan Teknologi

Nah, berkembangnya zaman tentu saja dapat membantu YOTers untuk merintis usaha baru. Ada banyak sekali tools yang dapat digunakan untuk memperbesar usaha, seperti platform-platform di media sosial dan juga website. Media sosial itu gratis loh, jadi sayang banget kalo gak YOTers manfaatkan dengan baik.

Selain itu, membuat website merupakan kewajiban apabila YOTers ingin usaha yang YOTers jalankan bertumbuh. Apa sih keuntungan memiliki website? Jawabannya, banyak sekali keuntungan memiliki website untuk usaha. Salah satunya adalah sebagai tolak ukur apakah usaha yang sedang YOTers jalankan dapat dipercaya atau tidak, Nah, untuk YOTers yang ingin membuat website tapi gak punya dana, jangan khawatir! UMKMlab.com lagi bagi-bagi website gratis untuk seratus UMKM beruntung loh! Tertarik? Yuk, langsung aja daftar dengan mengklik gambar di bawah ini!

Customer sering lari dari usaha kamu? Ini dia strategi penjualan supaya customer gak lari!

Untuk YOTers yang ingin mendapatkan lebih banyak bacaan inspiratif mengenai dunia entrepreneur, yuk baca di sini!

Nah, untuk YOTers yang ingin mendengarkan podcast, menonton video, dan membaca lebih banyak artikel inspiratif dari berbagai narasumber yang berpengalaman di bidangnya, yuk bergabung di YOT premium member. Klik di sini ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *