Kesalahan Saat Interview yang Harus Kamu Hindari

Secara disadari atau tidak, banyak kesalahan yang dilakukan saat akan atau sedang menghadapi momen interview. Padahal, banyak hal yang dipertaruhkan saat menghadapi wawancara, yakni bagaimana kesiapan kamu dalam menghadapi dunia kerja hingga sikap profesionalisme kamu dalam bekerja. Apa aja ya kesalahan saat interview yang harus kita tahu dan kita hindari dan bagaimana cara menghadapinya? Ini dia penjelasannya dilansir dari Entrepreneur.com:

  1. Tidak Terlihat Antusias

Saat menghadapi interview, tentunya kamu harus terlihat antusias terhadap selama proses wawancara. Meskipun di saat wawancara tersebut kamu menghadapi kenyataan bahwa pekerjaannya tidak sesuai dengan minat kamu, tetapi sikap profesional tetap harus kamu tunjukkan.

  1. Tidak Mencari Tahu Tentang Perusahaan

Kesalahan fatal kedua adalah kamu gak cari tahu tentang perusahaan tersebut. Tuntutan harus segera bekerja hingga kita gak memperhatikan kemana saja kita mengirimkan CV juga fatal lho, YOTers. Ada baiknya kamu perhatikan lagi kemana saja, apa dan bagaimana job description sebuah perusahaan sehingga di saat kamu menerima pekerjaan tersebut nantinya akan lebih mudah menjalaninya.

  1. Tidak Menguasai Bidang Perusahaan

Cara membuat interviewer terkesan dengan kita adalah dengan menguasai bidang apa yang dijalani oleh perusahaan tempat kita akan melamar kerja. Misalnya kamu akan melamar kerja di sebuah digital agency, di samping kamu cari tahu tentang perusahaannya, kamu juga harus tahu mengenai apa itu digital agency. Hal ini tentunya bisa menjadi poin plus untuk dirimu.

  1. Tidak Bertanya

Interview harus dilakukan secara dua arah, yang artinya ada percakapan di dalamnya. Di akhir wawancara biasanya kamu dikasih kesempatan untuk bertanya, nah kamu jangan sia-siakan kesempatan ini. Jika kamu tidak bertanya, maka kamu akan terlihat tidak antusias terhadap pekerjaan tersebut. Tetapi, pertanyaan yang diajukan jangan hanya seputar gaji, fasilitas atau tunjangan ya YOTers. Kamu bisa bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan job description kamu.

  1. Terlalu Banyak atau Sering Follow Up

Satu lagi kesalahan dalam proses saat interview yang secara tidak disadari adalah terlalu sering follow up atau menindaklanjuti proses interview. Tidak salah ketika kamu bertanya satu sampai dua kali, tetapi menjadi sebuah kesalahan jika kamu terus melakukannya berulang. Maka dari itu, setelah proses interview kamu bisa bertanya mengenai tahapan interview selanjutnya, sehingga kamu juga bisa mengetahui status kamu di perusahaan tersebut. Jika sudah diberitahu, maka kamu harus menunggu sesuai waktu yang ditentukan.

 

 

Mau mendapatkan info bermanfaat lainnya? Yuk, gabung di FB Group Young On Top sekarang juga!

Kalian juga bisa mengikuti kegiatan kami di:

Twitter: @YoungOnTop

Facebook Fan Page: Young On Top / @youngontopYOT

Facebook Group: Young On Top

Instagram: @YoungOnTop

Website: youngontop.com

Kaskus: YOTKC.Kaskus.co.id

Youtube: Young On Top TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *