3 Anak Muda Sukses yang Berhasil Membangun Bisnis dari 0

3 anak muda sukses yang berhasil membangun bisnis dari 0

Membangun usaha itu emang susah banget! Tapi, selama YOTers menikmati prosesnya itu, percaya deh, pasti gaakan kerasa susahnya. Di Indonesia sendiri, ternyata udah banyak loh anak muda sukses yang berhasil membangun usahanya dari 0.

Bisnis yang dibangun oleh mereka ada beragam jenisnya, dari bisnis produk ataupun jasa, fisik maupun online. Nah, siapa aja sih anak muda sukses yang berhasil membangun bisnis mereka dari 0 ini? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

3 Anak Muda Sukses yang Berhasil Membangun Bisnis Mereka

1. Lukman Benjamin Mulia (Founder & CEO Cretivox)

Untuk YOTers yang sering berselancar di Youtube pasti udah gak asing lagi sama channel Cretivox kan? Nah, tahukah YOTers bahwa Lukman Benjamin Mulia adalah founder dan CEO dari Cretivox. Nah, Lukman Benjamin Mulia berhasil membangun Cretivox di platform Youtube dari awal sampai saat ini sudah mencapai lebih dari 600 ribu subscribers.

2. Yasa Singgih (Founder Men’s Republic_

Berawal dari mengambil pekerjaan paruh waktu menjadi MC di EO (Event Organizer) milik temannya di berbagai acara ulang tahun, musik, perlombaan, talk show ataupun seminar. Memulai usaha di bidang fashion pada usia 16 tahun. Berkolaborasi dengan orang tua teman baiknya yang memiliki usaha konveksi.

Meski tidak memiliki pengetahuan soal desain, Yasa Singgih mendesain semua kaosnya sendiri. Berawal dengan modal Rp700.000, Yasa memulai berjualan kaos yang dia desain sendiri. Meskipun tidak laku, Yasa tidak menyerah dan memutuskan untuk terus belajar cara terbaik untuk menjual bajunya.

Men’s Republic dipromosikan menggunakan platform online seperti Twitter, blog, dan BBM sehingga sempat naik daun dan memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha di bidang kuliner.

Bisnis kuliner nya sempat bangkrut dan Yasa mengalami kerugian sebesar Rp100.000.000. Yasa kembali menjajaki bisnis fashion dengan perencanaan bisnis yang lebih rapih. dengan brand fashion yang mengkhususkan untuk anak pria dengan harga yang terjangkau. Ternyata formula yang disusunnya tepat, hingga saat ini Men’s Republic buatan Yasa Singgih mampu menghasilkan omzet ratusan juta rupiah. Dari usaha tersebut ia mampu mendapatkan laba bersih 40%. bahkan, Yasa berhasil masuk dalam 30 Under 30 Young Leaders & Entrepreneurs in Asia versi Forbes tahun 2017.

3. Dea Valencia (Founder Batik Kultur)

Perempuan kelahiran Semarang ini mengawali karir dengan berdagang batik lawas milik ibunya. Selain membantu ibunya, Dea Valencia juga sering membaca buku-buku tentang batik. Cerita Batik Kultur berawal dari keinginan Dea memiliki baju seperti yang dia ingini, lalu Dea terpikir untuk menggunting batik-batik lawas dan menjahitnya menjadi seperti baju yang dia ingini.

Hingga saat ini, Dea telah sukses membangung brand fashion nya sendiri dengan karyawan yang lebih dari 100 orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *