Menyusun Perencanaan Karir Masa Depan Menurut Gunawan Susanto

menyusun perencanaan karir masa depan menurun gunawan susanto

Halo YOTers! Kembali lagi nih di artikel #AskMentor. Artikel yang akan membahas pertanyaan-pertanyaan seputar karir sampai dengan leadership yang masuk di aplikasi Social Connext, dan jawaban dari mentor-mentor yang memiliki segudang pengalaman.

Nah, hari ini pak Gunawan Susanto (Country General Manager, AWS Indonesia) akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari YOTers nih! Pertanyaan apa aja sih? Pasti penasaran kan? Yuk, simak di bawah ini!

1. Bagaimana Cara Menusun Perencanaan Karir Masa Depan?

  • Atur target atau goal.
  • Cari mentor.
  • Lakukan self-assessment dan minta feedback dari mentor, manager dan teman sejawat untuk mencari apa saja yang perlu diperbaiki untuk mencapai tujuan.
  • Cari pelatihan/pembelajaran untuk meningkatkan kualitas diri sesuai poin di atas.
  • Disiplin untuk terus mengembangkan diri setelah belajar dari poin ke 4.
  • Lakukan refleksi dan ulang poin nomor 3 sampai dengan nomor 5.

2. Cara untuk Menumpuk Jiwa Leadership Selama di Bangku Pendidikan?

Selain mengikuti organisasi, leadership itu bisa dipupuk dengan:

  • Belajar bertanggung jawab.
  • Menyelesaikan tugas tepat waktu.
  • Memupuk disiplin.
  • Selalu berpikiran positif.
  • Jangan menunda pekerjaan.

Dan masih banyak hal lainnya. Kamu bisa membaca buku Young On Top dari mas Billy untuk menjadi acuan.

3. Tips Team Building untuk Anggota yang Semangatnya Turun

  • Minta feedback untuk mengetahui kenapa semangat turun, misalnya workload yang berlebihan. karir gak jelas, gal ada development, kerja sama tim gak harmonis, dan lainnya.
  • Diskusi dengan team untuk minta pendapat mereka dan apa solusi yang mereka usulkan. Termasuk, sebagai pemimpin, kita juga bisa memberikan usulan solusi tapi jangan mendikte dalam diskusi.
  • Putuskan dan setujui untuk solusi yang akan dijalankan. Fokus untuk rencana 30-60-90 hari ke depan, dan monitor proses pelaksanaannya.
  • Selain itu, sebagai pemimpin juga harus mengerti individual/personal objectives dari setiap anggota team agar bisa lebih mengerti personal drive.
  • Program yang dibuat, bukan hanya untuk mencapai target, tapi harus ada balance dengan program untuk karyawan agar merasa lebih engaged seperti team dinner,

4. Hambatan yang Dihadapi dalam Dunia Sales dan marketing?

Kalau cuma penolakan, di dunia sales itu hal biasa. Tantangan yang sesungguhnya adalah memiliki growth mindset dan jangan merasa puas dan nyaman dengan hasil yang dicapai. Dan, kalau masih belum mencapai target, jangan salahkan kondisi lingkungan seperti Covid-19, ekonomi lesu, dan lainnya. Sales yang produktif selalu mencari cara untuk menjangkau pelanggan dan kreatif dalam melayani pelanggan.

5. Cara Campaign di Era Digital Saat Ini?

Yang pertama harus diketahui, who is your costumer? Profilnya seperti apa? Dan, cari tahu mereka menggunakan media apa. Kenapa hal ini harus diketahui? Karena, gak semua target market memiliki segmentasi yang sama.

Itu dia YOTers beberapa pertanyaan yang sudah dijawab oleh pak Gunawan Susanto! Semoga bisa menambah insight untuk YOTers dalam berkarir ya!

YOTers punya pertanyaan seputar bisnis ataupun karir tapi gatau mau nanya ke siapa? Jangan khawatir! Sekarang YOTers bisa langsung bertanya kepada mentor-mentor yang memiliki puluhan tahun pengalaman di dunia bisnis seperti pak Gunawan Susanto! Bagaimana caranya? YOTers bisa langsung gunakan fitur ask mentor di aplikasi Social Connext yang bisa YOTers download di sini!

Selain fitur ask mentor, YOTers juga bisa mendengarkan berbagai podcast inspiratif atau membaca berbagai artikel inspiratif yang ada di dalamnya, YOTers juga bisa ikut trivia berhadiah poin yang dapat YOTers tukarkan dengan merchandise keren!

Untuk kalian yang belum tahu aplikasi Social Connext, yuk nonton video di bawah ini!

Nantikan artikel #AskMentor lainnya ya! Ingin mendapatkan bacaan seputar entrepreneurship atau bacaan inspiratif lainnya? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel, video, ataupun podcast dari narasumber yang berpengalaman? Yuk, bergabung menjadi premium member Young On Top di sini!

Baca artikel #AskMentor lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *