Cara Menjadi Pengusaha Digital ala Jefri Dinomo

cara menjadi pengusaha digital ala jefri dinomo

Halo YOTers! Kembali lagi nih di artikel #AskMentor. Artikel yang akan membahas pertanyaan-pertanyaan seputar karir sampai dengan leadership yang masuk di aplikasi Social Connext dan jawaban dari mentor-mentor yang memiliki segudang pengalaman.

Nah, hari ini pak Jefri Dinomo (Co-Founder & Chief Business Development Officer GDILab) akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari YOTers nih! Pertanyaan apa aja sih? Pasti penasaran kan? Yuk, simak di bawah ini!

1. Bagaimana Caranya Menjadi Pengusaha Digital?

Saya sekalian sharing ya. Jadi, sebelum saya bangun perusahaan itu sebenarnya berawal dari hobi. Salah satu hobi saya adalah silahturahmi atau ketemuan dengan orang. Setelah itu, saya jadi mikir seteiap proses komunikasi yang terjadi pasti ada nilai dan itu harus bisa diukur.

Hobi saya lainnya adalah melakukan riset dan mengamati orang lain, dan ini juga yang menjadi bahan skripsi saya dulu waktu kuliah. Saya harus mengamati pembicaraan orang dan itu harus bisa diukur, skripsi saya pada waktu itu belum  ada yang membahasa mengenai digital communication dan belum ada tools untuk bisa melakukan itu, makanya saya buat perangkatnya bersama teman saya untuk bisa mengukurnya, sehingga akhirnya menjadi produk dan cikal bakal GDILab.

2. Cara Mengembangkan Karir di Bidang Digital

Yang harus dipersiapkan di awal adalah banyak bermain di media sosial sampai nanti kamu bisa mengetahui kebiasaan di digital seperti apa. Karena, gak mungkin juga mau ke industri digital tapi gak tahu cara kerja platform nya seperti apa dan jadinya hanya bisa berteori tanpa mengetahui fakta di lapangan. Selanjutnya, coba baca soal tren digital dan teknologi terbaru, karena di sana tidak hanya membahas tentang teknologi paling baru, tapi juga ada banyak study case yang bisa dipelajari.

3. Bagaimana Mengembangkan Usaha di Industri 4.0 dan Pasar Bebas?\

Sebagai entrepreneur, kita harus terus berinovasi, apalagi dalam era pasar bebas dan juga 4.0 yang digalakan pemerintah kita. Inovasi yang akan membuat kita berbeda dengan yang lainnya dan itu akan menjadi lebih spesifik.

4. Gimana Agar Tidak Terlihat Gaptek Saat Pertama Kali Memakai Suatu Teknologi?

Perhatikan dan pelajari dulu kalau tertarik untuk bergabung di platform digital, dan terlihat gaptek juga gak apa-apa sebenarnya. Nanti juga kalo udah biasa bakal ngerti cara memakainya.

5. Spesifikasi Hosting yang Bagus untuk Membuat Website

Server lokal sekarang sudah banyak yang bagus. Tapi kalau mau scale up dan lebih aman, bisa menggunakan server yang juga mendukukng environment service yang kamu punya untuk mudah dikembangkan.

Itu dia YOTers beberapa pertanyaan yang sudah dijawab oleh pak Jefri Dinomo! Semoga bisa menambah insight untuk YOTers dalam berkarir ya!

YOTers punya pertanyaan seputar bisnis ataupun karir tapi gatau mau nanya ke siapa? Jangan khawatir! Sekarang YOTers bisa langsung bertanya kepada mentor-mentor yang memiliki puluhan tahun pengalaman di dunia bisnis seperti pak Jefri Dinomo! Bagaimana caranya? YOTers bisa langsung gunakan fitur ask mentor di aplikasi Social Connext yang bisa YOTers download di sini!

Selain fitur ask mentor, YOTers juga bisa mendengarkan berbagai podcast inspiratif atau membaca berbagai artikel inspiratif yang ada di dalamnya, YOTers juga bisa ikut trivia berhadiah poin yang dapat YOTers tukarkan dengan merchandise keren!

Untuk kalian yang belum tahu aplikasi Social Connext, yuk nonton video di bawah ini!

Nantikan artikel #AskMentor lainnya ya! Ingin mendapatkan bacaan seputar entrepreneurship atau bacaan inspiratif lainnya? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak artikel, video, ataupun podcast dari narasumber yang berpengalaman? Yuk, bergabung menjadi premium member Young On Top di sini!

Baca artikel #AskMentor lainnya!

3 thoughts on “Cara Menjadi Pengusaha Digital ala Jefri Dinomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *