Ini dia Bahaya Keseringan Makan kerupuk

ini dia bahaya keseringan makan kerupuk

Halo, YOTers! Siapa yang di sini suka makan kerupuk? Pasti hampir semua dari kita suka banget makan kerupuk, entah itu dicampur dengan mie, nasi dan lauk lainnya, atau mungkin juga ada yang suka digadoin, Tapi, tahukah YOTers bahwa kalau keseringan makan kerupuk itu ternyata bahaya loh!

Apa aja sih bahayanya keseringan makan kerupuk? Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

Bahaya Keseringan Makan Kerupuk

1. Mengandung Kalori yang Besar

Tahukah YOTers bahwa satu kerupuk putih mengandung 100-150 kalori atau setara dengan setengah piring nasi. Nah, kalau YOTers keseringan makan kerupuk, pastinya akan membawa kalori berlebih di dalam tubuh YOTers. Kalori berlebih dapat menimbulkan banyak masalah untuk tubuh, seperti obesitas, stroke, jantung, dan juga kanker.

2. Kandungan Garam yang Tinggi

Dilansir dari artikel halodoc.com, tingginya kandungan garam di dalam kerupuk dapat mengakibatkan berbagai resiko untuk kesehatan seperti resiko penyakit jantung meningkat, resiko Demensia Vaskular (Menurunnya fungsi otak), massa tulang menipis, fungsi ginjal terganggu, dan kanker perut.

3. Mengandung Minyak Berlebih

Kerupuk diproses dengan digoreng menggunakan jumlah minyak yang banyak, keseringan mengonsumsi makanan dengan kadar minyak yang tinggi dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan, mematikan bakteri baik di dalam usus, memicu pertumbuhan jerawat, meningkatkan resiko obesitas, meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan resiko kanker, juga mengganggu fungsi otak.

4. Tidak Memiliki Kandungan Vitamin atau Serat

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi bahwa kandungan vitamin dan makanan berserat itu sangat baik untuk tubuh kita. Karena kerupuk tidak memiliki kandungan vitamin atau serat, mengonsumsinya secara berlebihan tentu saja sangat tidak baik untuk badan kita.

Nah YOTers, siapa saja nih yang baru tahu? Hahaha, makan kerupuk memang enak, apalagi kalau dicampur dengan mie atau nasi telor hangat, wah pastinya si lezat, siapa sih yang tahan menyantap makanan lezat? Oleh karena itu, YOTers, tidak apa-apa memakan kerupuk, asal jangan keseringan.

Yuk, baca lebih banyak artikel kesehatan dari Young On Top!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *