Budaya Kerja Orang Korea yang Layak ditiru

budaya kerja orang korea yang layak ditiru

Halo, YOTers! Apa kabarnya nih? Hari ini kita akan ngomongin soal budaya kerja. Ternyata ada loh budaya kerja dari negara lain yang patut kita tiru, seperti budaya kerja orang Korea.

Dilansir dari mediaindonesia.com, Tahun 1950-an, Indonesia dan Korea Selatan adalah negara termiskin di dunia. Begitupun sampai 1960-an. Momen Korea mulai membangun pada 1970-an, sama dengan Indonesia sebenarnya. Akan tetapi, Korea tidak punya sumber daya alam dan langsung straight forward ke industri.

Budaya Kerja Orang Korea

Tak hanya itu, negeri Gingseng ini miskin akan sumber daya alam. Belum lagi akibat pendudukan Jepang maupun perang saudara Korea yang melanda, negeri ini nyaris hancur. Namun, kini negara itu semakin maju dalam berbagai bidang, mulai dari politik, teknologi, ekonomi bahkan budaya dan pendidikan. Sebenarnya apa yang menjadikan Korea Selatan ini begitu maju? Salah satu jawabannya adalah mentalitas warga! Setidaknya ada lima budaya kerja orang Korea yang patut ditiru

1. Kedisiplinan

Disiplin dan tepat waktu memang melekat pada warga Korea Selatan. Para pekerja Korea Selatan memang menjunjung tinggi kedisiplinan dan menghargai waktu kerja dan mempertanggungjawabkan pekerjaan mereka. Keterlambatan tidak bisa mereka toleransi karena itu artinya tidak menghargai orang lain. Itulah sebabnya, jika mereka ada janji sekalipun di luar kantor atau urusan yang tidak formal, mereka akan menepati janji

2. Kejujuran

Kejujuran adalah salah satu modal utama seorang karyawan dapat dipercaya. Umumnya, orang-orang Korea Selatan itu adalah orang yang jujur. Hal ini nampak dari kebiasaan mereka jika menemukan sebuah barang atau benda berharga yang terjatuh seperti dompet, mereka akan segera memberikannya kepada yang berwajib. Hal ini pun terjadi di kantor dan perusahaan. Mereka akan jujur kepada jam kerja mereka sendiri, termasuk tidak suka korupsi uang atau manipulasi data. Kejujuran adalah etos kerja yang dijunjung tinggi oleh Orang Korea Selatan.

3. Kerja Cepat & Penuh Tanggung Jawab

Ritme kerja yang cepat dan tetap bertanggung jawab memberikan hasil yang terbaik adalah etos kerja yang kental di dalam diri orang Korea Selatan. Etos kerja ini membawa Korea Selatan menjadi negara yang tidak bisa dipandang sebelah mata di mata dunia. Orang-orang Korea Selatan memang mendidik anak-anaknya untuk bisa melakukan pekerjaan dan juga belajar dengan cepat. Dalam menyelesaikan pekerjaan dan menghadapi target, mereka memiliki prinsip “time is running out”. 

Mereka selalu membuat target kerja dengan kurun waktu tertentu untuk memacu mereka agar dapat fokus dalam penyelesaian tugas dan pekerjaan yang harus mereka selesaikan. Efisiensi waktu menjadi yang utama dalam hal ini sehingga tidak ada kata waktu terbuang percuma.

4. Tidak Mudah Tersinggung

Bekerja secara profesional tak menutup kemungkinan mendapatkan kritikan pedas entah dari atasan atau dari pelanggan. Apalagi banyak perusahaan di Korea Selatan menetapkan standar kinerja yang tinggi bagi para karyawannya. Jika salah, maka tak urung semua yang ada di pikiran tentang kesalahan itu akan diutarakan tanpa basa-basi. Tapi uniknya mereka akan menerima kesalahan mereka dengan lapang dan menariknya, mereka tidak mudah tersinggung alias baperan. 

Mencari-cari alasan hanya malah akan menambah kesalahan. Itulah sebabnya mereka dengan segera akan berusaha memperbaiki kesalahan mereka namun tetap menerima apa yang menjadi kritikan yang disampaikan kepada mereka tanpa ada rasa tersinggung. Setiap teguran yang diterima justru menjadi sebuah pemacu untuk mereka dapat memberikan layanan dan kinerja yang semakin profesional. Teguran, saran dan kritikan dijadikan dorongan untuk maju semakin lebih baik.

5. Sopan Pada Atasan

Meski menjadi bawahan dan pernah mendapat “teriakan” alias teguran, para karyawan di Korea Selatan menjunjung tinggi asas kesopanan kepada atasan. Tak jarang jika ada yang salah, atasan bisa-bisa berteriak di depan umum dan memarahi karyawannya yang berbuat salah sehingga banyak orang yang akan memperhatikan. 

Namun, ini adalah sebuah strategi untuk memberikan efek jera. Meskipun demikian, para bawahan tetap patuh dan menghormati atasan. Apabila di kantor hubungan antara atasan dan bawahan begitu kental, demikian juga ketika berada di luar kantor. Ketika diadakan makan bersama di restoran atau kedai minuman, para bawahan akan tetap menunjukkan rasa hormat mereka kepada atasan.

Nah itu dia beberapa budaya kerja orang Korea yang bisa kita tiru demi kemajuan kita bersama, jika mereka bisa kenapa kita tidak?  see you on top!

Lebih banyak artikel tentang karir!

One thought on “Budaya Kerja Orang Korea yang Layak ditiru

  1. darmans says:

    Thank you so much for an informative update. I so needed the contents that you have mentioned regarding the social bookmarking sites

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *