Pengertian Copywriting dan Alasan Jasa Copywriting Sangat Diperlukan

pengertian copywriting dan alasan jasa copywriting sangat diperlukan

Halo, YOTers! Kalian pasti gak asing lagi dengan istilah copywriting. Apa sih pengertian copywriting dan mengapa saat ini jasa copywriting sangat dibutuhkan? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Peran copywriting sangat berguna di dalam suatu perusahaan, terutama pada bagian digital marketingDigital Marketing merupakan aktivitas atau kegiatan mempromosikan brand atau produk dengan memanfaatkan media online.

Pengertian Copywriting dan Copywriter?

Berbeda dari content writing, copywriting memiliki kekuatan promosi yang lebih kuat dan tegas. Kalimat yang dipilih merupakan kalimat persuasif yang berfungsi untuk merayu, mengajak bahkan menyihir pembacanya untuk membeli sebuah produk atau menggunakan jasa.

Mereka yang kesehariannya membuat copywriting dikenal dengan sebutan copywriter.

Ah, pasti kerjaannya gampang tuh! Orang cuman tulis-tulis doang!

Heits, tunggu dulu Ferguso! Menjadi seorang copywriter itu bukan hal yang mudah. Seorang copywriter harus memiliki kemampuan untuk membaca situasi, mereka juga harus berpikir secara visioner untuk menentukan mana pendekatan yang sebaiknya dilakukan dalam menawarkan suatu produk dan jasa.

Karena, bila pendekatan yang digunakan salah dan tidak sesuai dengan permintaan, pesan yang ingin disampaikan tidak benar-benar sampai pada sasaran melainkan akan berhenti di tengah jalan.

YOTers pernah ngebayangin gak sebuah situs menawarkan jasa atau produk hanya dengan sebuah gambar? Gaada tulisan ajakan, informasi tentang keunggulan produk? Tidak ada pula pesan video yang menjadi pengarah?

Rasanya, jarang banget ada situs yang ngelakuain praktek digital marketing kayak gitu, jikalau ada, psati audience atau calon pembelinya pasti bakal kebingungan .

Copywriter bukan hanya sebagai pemberi identitas, tapi juga berperan penting sebagai salesman. Mereka menawarkan produk dan jasa melalui untaian tulisan yang dibuat rapi, menghasut dan profesional.

Mengapa Harus Mempelajari Coypwriting?

Digital marketing merupakan langkah awal bagi seorang pelaku bisnis online untuk masuk lalu mengenalkan produk dan jasanya ke dunia maya. Berbeda dengan pemasaran tradisional yang dilakukan secara langsung dari mulut ke mulut, digital marketing membutuhkan sebuah jaringan atau wadah yang kita kenal sebagai media sosial atau website profesional.

Tanpa keduanya, kita tidak bisa melakukan kegiatan digital marketing dengan baik. Menariknya, untuk dapat membuat iklan promosi di media sosial ataupun website profesional, dibutuhkan jasa periklanan yang salah satu divisinya bekerja dengan menjual tulisan yang dikenal sebagai copywriting.

Sebuah website yang menggunakan teknik copywriting, pasti memiliki tampilan yang berbeda dari situs biasa. Tidak hanya menggunakan desain dan tema yang menarik, website tersebut juga memiliki gaya tulisan yang unik. Tulisan dibuat jauh lebih sistematis, mengikuti alur dengan tujuan yang jelas yakni untuk memperkenalkan brand sekaligus mempromosikan produk.

Konsumen yang pasti lebih mudah memahami apa dan bagaimana informasi yang coba disampaikan, tidak perlu lagi melakukan banyak upaya atau berpikir keras. Situs dengan teknik copywriting juga terlihat jauh lebih eye catching dan enak dibaca karena urutan informasinya jelas tidak melompat antara satu dengan lainnya.

Dalam digital marketing, teknik copywriting diyakini sebagai magnet efektif untuk menarik atensi konsumen secara halus. Bahkan, copywriting yang baik dapat membujuk mereka yang bukan pasarnya, pada akhirnya ikut membeli.

Dalam prakteknya, keberhasilan menarik konsumen dengan teknik copywriting bukan semata-mata karena penawaran harga yang murah. Tapi lebih kepada teknik persuasif yang berhasil memberikan pengaruh besar meski dalam waktu singkat.

Sebagai seorang pengusaha, marketer atau blogger, membuat tulisan dengan teknik copywriting merupakan hal yang mutlak. Hal ini penting untuk membangun citra perusahaan, terkadang copywriting juga menjadi bahan pertimbangan konsumen untuk browsing lebih lanjut atau stop melihat website hanya di menu homepage.

Nah, setelah membaca pengertian copywriting, pasti YOTers tertarik untuk mempelajarinya, bukan? Yuk, pelajari dan praktekan untuk usaha kamu!

Ingin membaca lebih bacaan seputar entrepreneurship? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

Selain artikel, akan ada konten seru dan inspiratif lainnya dalam bentuk podcast serta video! Tunggu apa lagi YOTers? Yuk, bergabung! premium member Young On Top di sini!

Yuk, baca artikel lainnya seputar entrepreneurship!

One thought on “Pengertian Copywriting dan Alasan Jasa Copywriting Sangat Diperlukan

  1. Angga verdiansyah says:

    Perkenalkan,
    Nama: Angga Verdiansyah
    Program Studi: Sistem Informasi
    E-mail: 043254999@ecampus.ut.ac.id
    Dari Universitas Terbuka
    http://www.ut.ac.id

    Saya setuju dengan tulisan ini.
    Digital marketing telah berkembang pesat, terutama pada kondisi sekarang yang mengharuskan masyarakat berada dirumah dan serba online. Jadi, untuk menarik minat klien copywriting diperlukan dalam engagement produk atau jasa yang kita tawarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *