3 Efek Samping Kebanyakan Minum Kopi! Ih Ngeri Banget!

3 efek samping kebanyakan minum kopi ih ngeri banget

Halo, YOTers! Siapa yang di sini suka minum kopi? Apalagi minum kopi di pagi hari yang sejuk atau saat sedang nongkrong bersama teman-teman, behh pasti nikmat banget rasanya, atau saat kamu diterpa banyak deadline kerjaan atau tugas kampus dan membutuhkan asupan kopi agar mata terus melek. Mungkin di umur segini beberapa dari kita merasa kopi sudah menjadi salah satu kebutuhan. Tapi, tetap harus diingat nih, YOTers, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula kebanyakan minum kopi.

Dikutip dari NDTV Food, ahli gizi Mehar Rajput mengatakan kalau idealnya takaran minum kopi bagi orang yang sehat dan tidak sensitif terhadap kafein adalah dua cangkir sampai maksimal 4 cangkir dalam sehari, perlu diingat kata kuncinya adalah “sehat dan tidak sensitif terhadap kafein.” Apasih sensitif terhadap kafein itu? Dikutip dari Insider, Ahli Gizi Morgyn Clair mengatakan bahwa “Jadi orang yang sensitif terhadap kafein dapat membuatnya merasakan efek yang jauh lebih parah daripada orang yang kurang sensitif (kafein).”

Nah, untuk kita yang tidak sensitif terhadap kafein juga sebaiknya tetap mengonsumsi kopi di dalam batas aman ya, seperti yang sudah disebutkan di atas, ternyata kebanyakan minum kopi itu bahaya loh. “Emang apaan bahayanya kebanyakan minum kopi? Kan biar lebih semangat!” Hmm, yaudah, tanpa berlama-lama lagi, lihat aja penjelasannya di bawah ini!

Kebanyakan Minum Kopi? Ini Efek Samping untuk Tubuh Kamu!

1. Diare

Kopi dapat melepas hormon yang dapat membuat aktivitas usus besar kita terpacu, sehingga merangsang sistem pencernaan. Menurut International Foundation for Gastrointestinal Disorders (IFFGD), mengonsumsi 2-3 cangkir kopi dalam sehari seringkali dapat menyebabkan diare.

2. Jantung Berdetak Kencang

Selain saat berpapasan dengan gebetan atau ketahuan bolos sekolah, ternyata kebanyakan minum kopi dapat membuat jantung berdetak kencang loh, YOTers. Menonsumsi minuman atau makanan berkafein seperti kopi dapat membuat sistem saraf pusat terstimulasi sehingga menjadi lebih waspada. Di beberapa kasus, jantung berdebar dapat menyebabkan pusing dan bahkan pingsan. Oleh karena itu, mereka yang memiliki masalah jantung tidak diperbolehkan mengonsumsi kopi.

3. Rasa Cemas Berlebihan

Kopi dapat memblokir adenosin yang membuat kita lelah sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan. Namun, apabila kita mengonsumsinya dengan jumlah yang cukup banyak dalam sehari, kopi malah dapat menyebabkan kecemasan dan kegugupan.

Kopi dapat melepas adrenalin sehingga dapat mempengaruhi perilaku kita yang sering mengonsumsi kopi. Jadi, untuk kamu yang mudah cemas, lebih baik mengontrol konsumsi kopi dalam sehari ya!

Nah, itu dia, YOTers efek sampingnya kebanyakan minum kopi untuk tubuh kita, emang nikmat banget sih minum kopi, tapi kalau kebanyakan tentunya gabaik untuk tubuh kita!

Ingin membaca lebih bacaan seputar kesehatan? Kunjungi kolom artikel Young on Top di sini!

Selain artikel, akan ada konten seru dan inspiratif lainnya dalam bentuk podcast serta video! Tunggu apa lagi YOTers? Yuk, bergabung! premium member Young On Top di sini!

Yuk, baca artikel lainnya seputar kesehatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *