JANGAN CUMAN DAEBAK! 12 Kata Slang yang Sering Digunakan Anak Gaul Korea, Praktikkan!

 

Sering dengar daebak? sering lah masa ga sering!

Kalimat yang paling sering diucapkan oleh masyarakat Indonesia yang suka banget sama Korea dan yang yang ga suka juga, yah karena ke trigger oleh orang-orang yang suka bilang daebak.

Sebenarnya daebak berasal dari kata 대박 나다(daebangnada) yang berarti ‘sangat sukses’ bisa diartikan dengan “sangat mengagumkan” atau “wow” dimana kalimat ini sangat sering kita dengar dan ucapkan, daebak!

Selain daebak, kamu mesti hafal juga 12 kata slang yang sering digunakan anak gaul di Korea Selatan berikut ini.

1. 쩐다 (jjeonda)

쩐다 (jjeonda) berasal dari kata 절다 (jeolda), yang berarti ‘diasinkan’. Namun, slang ini memiliki maksud ‘sangat keren’. Slang 쩐다 (jjeonda) digunakan anak gaul Korea untuk memuji seseorang atau benda yang nampak sangat keren untuk dipandang.

2. 행쇼 (haengsyo)

Frasa gaul anak Korea, ini punya arti ‘mari berbahagia’. Slang 행쇼 (haengsyo) berasal dari kata 행복 하십시오  (haengbokasipsio). Kata slang ini bisa digunakan untuk mengajak teman agar ceria kembali. Bisa dibilang kata untuk menyemangatinya, usai melihat teman murung atau sedih.

3. 깜놀 (kkamnol)

Kkamnol sama seperti mengucap kata surprise, dalam bahasa Inggris. Ya, slang ini digunakan oleh orang Korea pada saat memberi kejutan kepada orang lain.깜놀 (kkamnol) sendiri merupakan singkatan dari 깜짝 놀라다 (kkamjjak nollada) atau 놀랐 어요 (nollasseoyo), yang berarti terkejut.

4. 얼짱 (eoljjang)

Untuk mendeskripsikan atau memuji ketampanan orang yang dilihat, anak gaul Korea akan menyebut 얼짱 (eoljjang), yang artinya ‘orang yang tampan’.

Slang tersebut gabungan kata dari 얼굴 (eolgul) yang berarti ‘wajah’, dan 짱 (jjang) berarti ‘hebat’ atau ‘terbaik’.

5. 사랑 꾼 (sarangkkun)

Bila Indonesia terkenal dengan istilah bucin, alias budak cinta, untuk menggambarkan seseorang yang selalu mengungkapkan dan menunjakkan cintanya.

Di Korea juga ada, lho! Masyarakat sana menyebutnya dengan 사랑 꾼 (sarangkkun). Sebenarnya slang ini digunakan sebagai sarkas bagi seseorang yang terus-terusan terlibat dalam skandal atau rumor kencan.

6. 베프 (bepeu)

베프 (bepeu) merupakan kata slang berasal dari campuran kosakata Korea-Inggris, yakni 베스트 프렌드 (beseuteu peurendeu)Bepeu digunakan untuk menyebutkan best friend, atau sahabat.

7. 음란 마귀 (eumnanmagwi)

Dalam suatu pertemanan, pastinya ada salah satu teman yang punya pikiran jorok atau kotor. Orang-orang dengan sifat tersebut sering dijuluki dengan 음란 마귀 (eumnanmagwi), yang berarti ‘setan cabul’.

8. 웃 프다 (utpeuda)

웃 프다 (utpeuda) adalah kata slang yang berarti lucu tapi sedih. Kata tersebut berasal dari kosakata 웃기다 (utgida), yang berarti lucu. Dikombinasikan dengan 슬프다 (seulpeuda), berarti sedih.

9. 금사 빠 (geumsappa)

Apakah kamu punya teman yang mudah jatuh cinta? Apalagi baru pertama kali bertemu. Di Korea, orang tipe seperti itu akan dipanggil mereka dengan sebutan 금사 빠 (geumsappa).

금사 빠 (geumsappa) berasal dari kata 금방 (geumbang) berarti ‘waktu yang kilat, cepat atau segera’. 사랑 에 빠지다 (sarange ppajida) berarti ‘jatuh cinta’, dan 사람 (saram) berarti adalah ‘orang’.

10. 내가 쏠게 (naega ssolge)

Sedang kepengin traktir seseorang, orang Korea umumnya akan mengatakan 내가 쏠게 (naega ssolge) kepada temannya. Slang tersebut berasal dari kata  쏘다 (ssoda) yang berarti ‘menembak atau memanah’.

11. 강추 (gangchu)

강하다 (ganghada) memiliki arti menjadi kuat. Sedangkan 추천 하다 (chucheonhada) berarti merekomendasikan. Dua kata tersebut adalah kata kerja awal dari slang강추 (gangchu), yang berarti ‘sangat merekomendasikan’.

Kata slang강추 (gangchu) bakal digunakan oleh orang Korea ketika merekomendasikan suatu barang atau jasa yang menurutnya bagus, kepada temannya.

12. 선수 (seonsu)

Apakah kamu punya teman atau bahkan kamu sendiri adalah seorang playboy atau playgirl? Bila kamu tinggal di Korea, pasti akan dijuluki dengan선수 (seonsu) yang berarti pemain.

선수 (seonsu) sendiri merujuk pada kata ‘pemain’ dalam arti adalah atlet. Tak kurang akal, anak gaul Korea menggunakan kata tersebut sebagai slang untuk menyebut laki-laki atau perempuan yang hobi mengencani orang.

Nah ini beberapa contoh kalimat slang dari Korea yang bisa kamu terapin selain kata daebak!

Terimakasih bepeu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *