Peran dan Fungsi Mentor Di Usia Muda

peran dan fungsi mentor di usia muda

Banyak anak muda saat ini merasa bingung dengan masa depannya akan dibawa ke mana. Mereka memilih untuk menjalani apa yang sudah ada dan tidak sedikit yang terjebak dalam zona nyaman dan kurang berani mengambil langkah. Ketika memiliki mimpi mereka juga terkadang kehilangan arah untuk bagaimana mewujudukannya.

Selain masalah tersebut, ketika mereka masuk ke dunia karir, mereka tidak tahu harus berbuat apa untuk meningkatkan karirnya. Hal inilah yang membuat pentingnya peranan mentor di usia muda.

Peran dan Fungsi Mentor

Mentor merupakan seseorang yang memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pengalaman yang kita punya.

Fungsi mentor selain menjadi seorang role model yang mendukung kesuksesan kita, mentor juga berperan sebagai pembimbing kita agar kita dapat sukses di kemudian hari. Berikut manfaat lain yang kamu dapatkan jika memiliki seorang mentor:

1. Memperluas Koneksi

Mentor yang sudah berpengalaman biasanya memiliki koneksi yang luas dan kuat. Hal ini dapat menjadi aset kalian untuk menjangkau jaringan yang lebih luas lagi. Memilliki koneksi yang luas juga dapat mempermudah karir yang kalian jalani.

2. Mendapatkan Pembelajaran Secara Langsung

Pengalaman adalah guru yang paling berharaga. Untuk mendapatkan sebuah pengalaman kita membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup lama. Namun dengan memiliki mentor, kalian dapat memperoleh pengetahuan, pengalaman, dan saran yang dapat memperkuat karir kalian kedepannya yang mungkin tidak didapatkan pada sebuah buku.

3. Dukungan Yang Lebih

Dukungan bisa datang dari siapa saja, termasuk dari seorang mentor. Dengan memiliki mentor kalian akan mendapatkan support yang lebih dan arahan secara langsung ketika kalian dihadapkan oleh sebuah tantangan. Disinilah peran mentor dapat memberikan nasihat dan menyakinkan kalian ketika merasa ragu dalam menghadapi suatu hal karena seorang mentor biasanya sudah mencicipi manis dan pahitnya perjalanan hidup.

4. Memberikan Motivasi Ketika Masa Sulit

Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan dan kegagalan. Hal inilah yang yang membuat peran mentor dapat memotivasi kalian ketika kalian mulai kehilangan arah dan tujuan. Kalian akan merasa lebih semangat dan termotivasi ketika sharing dengan seorang mentor yang sudah berpengalaman dibidangnya.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan memiliki seorang mentor kalian akan lebih percaya diri karena didorong untuk berani dalam menghadapi setiap tantangan menjadi peluang. 

Mencari mentor memang tidaklah mudah dan membutuhkan waktu dalam menemukan seseorang yang tepat untuk dijadikan seorang mentor. Namun hal ini bukan menjadi sebuah permasalahan lagi, kini kalian bisa memiliki mentor pribadi dan bisa mendapatkan pembelajaran langsung dari seseorang yang sudah berpengalaman dibidangnya melaui fitur Ask Mentor di Aplikasi SocialConnext yang bisa diunduh melalui googleplay store.Kalian bisa bertanya dengan berbagai tema mulai dari investment, karir, self development dan masih banyak topik lainnya. Mentor yang disediakan pun dari berbagai macam background dan level antara lain CEO, COO, Founder, Co-Founder, dll. 

Jadi, tunggu apalagi yuk download SocialConnext sekarang juga di Google Play Store (bit.ly/yukdownloadsc) dan rasakan manfaatnya memiliki mentor pribadi! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *