Kenapa sih Kita Harus Hati-Hati di Internet?

kenapa sih kita harus hati hati di internet

Halo, YOTers! Kemunculan internet tentunya sangat mempermudah kita dalam melakukan segala sesuatu, dari mengobrol bersama kerabat yang jauh ataupun dekat, menonton, memesan makanan, bahkan sampai berbelanja. Namun, kita harus hati-hati di internet, meski terkesan “bebas” ternyata ada banyak hal di internet yang dapat merugikan atau bahkan membahayakan kita, loh.

Dari penipuan, pencurian data pribadi, sampai dipolisikan, semua bisa saja terjadi pada kamu apabila kamu tidak hati-hati di internet. Apa lagi ya kerugian yang dapat terjadi pada kita apabila tidak hati-hati di internet? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

5 Bahaya Jika Kamu Tidak Hati-Hati di Internet

1. Phising

Phising merupakan suatu metode penipuan dengan cara menipu target dengan tujuan untuk mencuri akun target. Istilah phising berasal dari kata fishing atau yang berarti memancing, cara kerjanya adalah pelaku memancing korban untuk mengklik link yang biasanya dikirimkan melalui email atau mungkin direct message media sosial kita, sebelum dikirimkan, link tersebut sudah ditautkan virus terlebih dahulu. Rata-Rata para pelaku phising ini membawa nama sebuah institusi negara agar email tersebut terlihat resmi. Ketika korban mengklik link tersebut otomatis semua data pribadi milik korban berpindah tangan, atau mungkin akun-akun media sosial korban juga jadi berpindah tangan.

Sudah banyak influencer ataupun selebriti termakan taktik phising ini, pada akhirnya mereka harus menebus kembali akun mereka dengan harga yang cukup mahal.

2. Masuk Penjara

Mungkin di sini YOTers sudah tidak asing lagi dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau sering disebut UU ITE. Dikutip dari BBC News Indonesia, pada tahun 2016-2020 saja sudah ada 744 perkara yang di mana 676 dari mereka berakhir di penjara. Kebanyakan perkara UU ITE terjadi di media sosial. Oleh karena itu, untuk kamu yang tentunya hampir setiap hari berselancar di media sosial, usahakan jangan melakukan ujaran kebancian, ataupun mencemarkan nama orang lain. Alangkah lebih baik apabila kamu menggunakan media sosial untuk sesuatu yang positif!

3. Cyber Bullying

Sering bercanda mengejek orang lain atau mungkin public figure di internet?Tahukah kamu bahwa tingkah laku kamu itu masuk ke dalam kategori cyber bullying? Mungkin menurut kamu ejekan kamu itu lucu dan tidak memiliki dampak yang besar karena hanya bercandaan, tetapi ejekan yang kamu lontarkan di internet itu ternyata bisa mempengaruhi kepercayaan diri korban.

Jadi, gausah aneh-aneh lah kalau di internet itu, berkarya yang positif, tidak perlu menghina orang lain di internet, dan juga banyak-banyak baca informasi agar tidak mudah tertipu di internet. Yuk, jadi pengguna internet yang lebih pintar!

Ingin membaca lebih banyak artikel trivia? Kunjungi blog Young On Top di sini!

Ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi dari pembicara dan tokoh yang berpengalaman dalam bentuk podcast, video, atau artikel? Yuk, bergabung di premium member Young On Top di sini!

Bacaan trivia lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *