Parama Festival 2021 : Realisasi Mata Kuliah Komunikasi UNDIP, Sekaligus Ajang Gali Potensi Diri Kala Pandemi

Situasi pandemi COVID-19 menjadi momok yang tak pernah disangka-sangka sebelumnya. Banyak dari masyarakat yang tak merasa siap untuk menghadapi pandemi pada masa awal kemunculannya di tahun 2020. Belum lagi adanya penyesuaian aktivitas normal baru seperti tidak berkerumun dan selalu menjaga jarak menjadi salah satu penghambat terselenggaranya acara event.
Hal ini juga berimbas pada aktivitas pembelajaran mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDIP,  dalam mengadakan kegiatan ‘Parama Festival 2021,’ yang diselenggarakan sebagai wujud realisasi dari mata kuliah event management.
Dengan mengangkat tema besar ‘The Power of Communication to Elevate Society,’ Parama Festival berhasil menjadi wadah bagi pemuda Indonesia untuk kritis terhadap isu bernada marjinalisasi. Kegiatan lomba yang diangkat untuk mengilustrasikan tema besar tersebut adalah dengan mengadakan lomba Fotografi, Infografis, Podcast, dan juga Opinion Writing.
Lomba virtual Paramafest digelar serempak pada 12 April 2021 dengan melakukan pengumpulan karya secara daring sampai dengan periode 23 Mei.
Adapun pengumpulan dengan batas waktu yang lumayan lama tersebut karena mahasiswa menginginkan event Paramafest dapat benar-benar menggali potensi diri dari para muda mudi Indonesia dengan membicarakan, menulis, dan memotret isu yang ada disekitar. Selain itu, Parama Festival juga sukses menyelenggarakan forum diskusi dengan tema pembahasan digital marketing dan public speaking, yang diselenggarakan pada Sabtu, 29 Mei 2021.
Bekerja sama dengan narasumber handal di bidangnya. Webinar Paramafest berhasil mendapatkan respon positif dari para peserta.  yang mana hal itu tercermin dari partisipasinya dalam berbicara dengan pembicara digital marketing Ghinar Panigoro dan Fransika Sonia Rickiyanto yang merupakan seorang Public Speakers.
Sementara itu, pengumuman lomba Paramafest baru bisa dilaksanakan pada Minggu, 30 Mei 2021 dengan mengadakan ‘awarding day’ via zoom meeting.
Dengan menggelar  ‘Awarding Day,’ tersebut, Paramafest resmi umumkan para pemenang lomba sekaligus menutup event Parama, yang ditutup oleh dosen pengampu dan ketua Paramafest, Nicho Putera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *